Kajian Teknis Sistem Penyaliran Tanah Liat Mliwang Timur PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur

Avellyn Shinthya Sari

Abstract

PT. Semen lndonesia (Persero) Tbk merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri pertambangan tanah liat yang terletak di kabupaten Tuban, provinsi Jawa Timur. Sistem penambangan yang diterapkan yaitu dengan metode open pit. Oleh karena itu perlu adanya penyaliran tambang yang dilakukan agar kegiatan penambangan tidak terhambat dan dapat memenuhi target produksi pada PT. Semen lndonesia (Persero) Tbk. Penerapan penyaliran tambang yang digunakan pada PT. Semen lndonesia (Persero) Tbk menggunakan mine dewatering. Diketahui parameter aktual lebar dasar saluran dan kedalaman saluran sehingga di dapatkan Lebar atas (B) = 3,2 m, Lebar dasar (b) = 1,1 m, Tinggi (h) 1,07 m dan Sudut (°) = 46°. Kolam terbuka pada PT. Semen lndonesia (Persero) Tbk memiliki satu unit sedimen pond berbentuk persegi, dengan Luas = 4.364,77 m2 dan Volume = 20000 m3. Dengan mempertimbangkan debit air limpasan yang masuk yaitu sebesar 2,18 m3/detikdapat diketahui bahwa penyaliran di PT. Semen lndonesia (Persero) Tbk tidak optimal sehingga diperlukan perubahan geometri baru agar dapat menempung debit air limpasan Lebar atas (B) = 3,2 m, Lebar dasar (b) = 1,4 m, Tinggi (h) 1,56 m dan Sudut (°) = 60° dengan kapasitas saluran sebesar 7,45 m3/detikagar dapat sepenuhnya menampung debit air limpasan.

References

Chay, Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, Yogyakarta: Gadjah Mada University , 2002

Budiarto and A. D. Putranto, Perencanaan Tambang, Surabaya: Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, 2015.

Badan Pusat Statistika, "Data Curah Hujan Kabupaten Tuban," Badan Pusat Statistika Kab Tuban, Tuban, 2021.

Unit Section Of Mine Planning & Monitoring, Pt. Semen Indonesia Persero (Tbk), Tuban Jawa Timur

R. L. Situmorang, R. Smit dan E. J. Van Vessem pada 1992. Formasi Tuban (Tmtn) geologi regional jatirogo

Budiarto and A. D. Putranto, Perencanaan Tambang, Surabaya: Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, 2015

Gautama, Rudy Sayoga 1999. Diktat Kuliah Sistem Penyaliran Tambang, Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Haryanto, Suis Edi, Budiarto, Avellyn Shintya Sari, and Fajar Rizki Widiatmoko. 2019. "Kajian Teknis Sistem Penyaliran Tambang Dan Rancangan Sumuran Pada Pit Majapahit PT. Prolindo Cipta Nusantara, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan." SEMITAN VII 539.

I. Suryani, "Rancangan Sistem Penyaliran Tambang Terbuka PT. Mitra Bara Adiperdana Tbk, Desa Long Loreh, Kecamatan Malinau Selatan, Kabupaten Malinau Kalimantan Utara," Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, Surabaya, 2019.

Sapan, Grains Silvester, Yudho Dwi Galih Cahyono, and Yazid Fanani. 2020. "Kajian Teknis Dimensi Ssump Dan Kebutuhan Pompa Pada Penyaliran Tambang Terbuka di Pit 1 PT. Sinamas Energindo Mineral Kecamatan Jawetan, Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah." SEMITAN II 615.

Santoso and S. Suwarti, Peta Geologi Regional Lembar Tuban, Tuban, 1992.

Suyono and K. Takeda, Hidrologi untuk Pengairan, Jakarta: PT. Prandya Paramita, 1983.

Situmorang, R.L., Smith, R., dan Van Vessem, E.J., 1992, Peta Geologi Lembar Jatirogo, Jawa Jimur, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi

Suripin. 2004. Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. Yogyakarta: Andi Offset.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.