Analisa Teknis dan Ekonomis Pengaruh Tonase dan Produktivitas Manpower terhadap Kecepatan Progress Repair Barge di PT Kukar Mandiri Shipyard dengan pendekatan Critical Path Method (CPM)

Muhammad Fuad Hasan, Minto Basuki

Abstract

Penelitian produktivitas manpower pada pekerjaan repair barge di PT Kukar Mandiri Shipyard mempengaruhi perhitungan jumlah manpower dan tonase pekerjaan yang mampu di kerjakan oleh tenaga kerja yang di miliki perusahaan berdasarkan produktivitas pekerjaan sebelumnya. Penelitian ini di ambil dari pekerjaan BG. Intan kelana 8 dan BG. Dewi Fatmawati yang melakukan proses pekerjaan repair di galangan dengan perhitungan masing masing 26 hari dan jumlah tonase 76 ton dan 52 ton pada masing masing proyek. Menggunakan metode pendekatan Critical Path Method (CPM) dan software Microsoft Project yang membantu membuat jadwal pekerjaan dan schedule dengan nilai produktivitas perusahaan 14.40 kg/manhour pada divisi replating dan 23.12 m2/manhour pada divisi painting akan di bandingkan dengan BG. Dewi Fatmawati dan BG. Intan Kelana 8 dengan masing-masing produktivitas pada divisi replating adalah 15.89 Kg/manhour dan 24.55 Kg/manhour serta divisi painting sebesar 30.43 m2/manhour 27.71 m2/manhour dimana hasil perbandingan digunakan untuk menentukan jumlah manpower yang harus di alokasikan pada kedua proyek. Tentu dengan adanya penambahan jam lembur pada hari biasa dan hari minggu dapat menutup kekurangan alokasi manpower namun juga menyebabkan penambahan upah tenaga kerja yang membengkak 12-20% dalam penerapan jam lembur


References

Ahmad Dahlan T. H. (2020). Evaluasi Pengendalian Waktu dan Biaya Menggubakan Metode CPM Dan Fast Track. 1, 1–8.

Aminata, R., A., dan Basuki, M., (2023), Analisis Perbandingan Produktivitas Jam Kerja pada Proyek Reparasi Kapal TB. Ampenan 01 dengan Metode Critical Path Method & Critical Chain Project Management di Galangan Kapal Madura, Ocean Engineering: Jurnal Ilmu Teknik dan Teknologi Maritim, Vol. 2, issue 4, pp 77-89,

Crhismianto, D., & Sasmito Hadi, E. (2016). Pengukuran Produktifitas Galangan Dalam Pembangunan Kapal Perintis 1200 Gt. Jurnal Teknik Perkapalan, 4(4), 829–836.

Firgananto, J., D., Basuki, M., Margareta, M., Z., B., 2019, Peningkatan Produktifitas Dan Kapasitas Produksi Galangan Kapal Tradisional Paciran Lamongan Sebagai Industri Kapal Nasional, Prosiding Seminakel, UHT, hal 1-10.

Iqbal, M., F., Wibawa, A., B., S., dan Trimulyono, A., (2023), Reschedule Reparasi Kapal TB. Pancaran 811 Dan BG. Alika 101 Dengan Shop Level Planning and Scheduling Menggunakan Metode Critical Chain Project Management (CCPM), Jurnal Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro, Vol. 11, No. 2, Hal 56.

Mukti, A. R., A’yun, Q., & Suparto. (2021). Analisis Produktivitas Menggunakan Metode Objective Matrix ( OMAX ) ( Studi Kasus : Departemen Produksi PT Elang Jagad ). Jurnal Teknologi Dan Manajemen, Vol 2, No 1, Februari 2021: 13–18, 13–18

Panjaitan, M., (2017), Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan." Jurnal Manajemen, Vol. 3, No. 2.

Rahmi, A., A., Pujo, I., M., dan Budiarto, U., ( 2020), Optimasi Repair Schedule SPOB. Prosper three 3537 DWT Dengan Critical Path Method Guna Antisipasi Keterlambatan Proyek, Jurnal Teknik Perkapalan, Vol. 8, No 2.

Shabrina Riyanto, N., Yudo, H., & Trimulyono, A. (2020). Analisa Kekuatan Deck Akibat Perubahan Muatan Pada Tongkang TK. NELLY-34. Jurnal Teknik Perkapalan, 8(3), 454–460. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval

Sutiyono. (2006). (American Productivity center),. 192–202.

Suyuti, A., M., dan Basuki, M., (2022), Analisis Perbandingan Penjadwalan Proyek Dengan Critical Path Methode (CPM) Dan Critical Chain Project Management (CCPM) Pada Reparasi Kapal BG. KFT 8005, Prosiding SENASTITAN: Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan, Vol. 2, Hal. 152-165.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.