Analisis Pengaruh Lingkungan dan Ekonomi terhadap Penerapan Green Supply Chain Manajemen dengan Metode Structural Equation Modeling (SEM)

Ryska Nanda Octaviana, Tamara Paulina Br Tambunan, Della Aprilia Angelin, Gusti Arum Antika Wahyudi Syahputri, Dian Juhara

Abstract

Green Supply Chain Manajement adalah sebuah konsep pemikiran lingkungan dalam manajemen rantai pasok untuk mempertimbangkan faktor keramahan terhadap lingkungan. Analisis ini menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) yang berbasis Partial Least Square (PLS). Penggunaan Structural Equation Modeling  berbasis varian dapat menangani kondisi dengan faktor yang tidak dapat ditentukan dan kondisi dimana solusi tidak dapat diterima. Metode SEM ini menggunakan software IBM AMOS 22, untuk menentukan variabel yang signifikan terhadap pengelolahan limbah pada industri manufactur. Analisis ini bertujuan unuk mengetahui tingkat efektifitas dan efisiensi pengaruh penerapan sistem Green SCM terhadap faktor lingkungan dan ekonomi terhadap Masyarakat. Dari Analisis yang telah dilakukan menggunakan metode structural equation modeling mendapatkan hasil awal dengan nilai probabilitas sebesar 0,00. Nilai tersebut belum memenuhi standart kelayakan goodness of fit, karena nilai minimum goodness of fit sebesar 0,05. Kemudian dilakukan berbagai tahapan uji coba pada data dan pengembangan kerangka hingga mendapatkan nilai probabilitas atau p value yang maksimal sebesar 0,086. Hasil nilai dari pengembangan tersebut telah memenuhi standart kelayakan goodness of fit, sehingga variabel lingkungan, ekonomi dan sosial mempunyai pengaruh dalam penerapan green supply chain manajement terhadap pengelolahan limbah sampah industri manufaktur.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.