Pengaruh Desain Produk, Harga, Fitur, dan Daya Tahan terhadap Keputusan Pembelian melalui Kualitas Produk sebagai Variabel Intervening

Raynard Owen Raharjo, Muhammad Firman Alamsyah, Abdurrahman Al Ghafiqi, Muhammad Reza Perdana, Qurotu Aini Laila

Abstract

Pada penelitian ini mencerminkan tantangan bisnis pada era kompetisi global yang ketat, terutama dalam menghadapi perubahan sikap konsumen dan dinamika teknologi. Perusahaan dituntut untuk memiliki strategi yang tepat dalam mencapai target penjualan dan mempertahankan pelanggan. Faktor-faktor seperti desain produk, fitur, harga, dan daya tahan menjadi kritis dalam memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin selektif. Studi ini fokus pada Vario 150 eSP, kendaraan roda dua dengan fitur canggih, termasuk CBS, fitur ECO Smart, dan desain yang memenuhi ekspektasi konsumen modern. Daya tahan produk juga menjadi perhatian, seiring dengan persaingan untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk. Penelitian ini bertujuan mengukur pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap keputusan pembelian melalui kualitas produk sebagai variabel intervening. Metode yang digunakan adalah pemodelan SEM dengan menggunakan beberapa variabel yang bertujuan untuk mengetahui seberapa berpengaruh variabel tersebut terhadap keputusan pembelian Vario 150 eSP. Hasil dari pengujian dengan model SEM didapatkan nilai P-value sebesar 0,943 untuk keseluruhan model, dan untuk hubungan setiap variabel antara desain dengan kualitas produk didapatkan nilai P-value sebesar 0,597 dengan CR -0,529, hubungan antara fitur dengan kualitas produk didapatkan nilai P-value sebesar 0,624 dengan CR 0,490, hubungan antara harga dengan kualitas produk didapatkan nilai P-value sebesar 0,049 dengan CR 1,964, dan yang terakhir hubungan antara kualitas produk dengan keputusan pembelian didapatkan nilai P-value sebesar ***/kurang dari 0,001 dengan CR 5,633. Dari hasil berikut dapat disimpulkan bahwa hanya variabel harga yang berpengaruh terhadap kualitas produk dan kualitas produk memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian.

References

Januar, “Analisis Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas, dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda ( Studi pada Konsumen Sepeda Motor Honda di Semarang ),” Skripsi, pp. 1–175, 2010, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/11718807.pdf.

F. Tjiptono, Strategi pemasaran. Andi Offset, 2008.

B. Simamora, Aura merek. Gramedia Pustaka Utama, 2002.

M. F. Alex et al., “Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan III (SENASTITAN III) Surabaya, 4 Maret 2023 Mengukur Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Model Structural Equation Modelling (SEM),” no. Senastitan Iii, pp. 1–8, 2023.

S. Prihatini, Shanti Kirana A, “Pengaruh Kualitas Poduk , Harga dan Minat Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merk Blackberry Dengan Metode Structural Equation Modeling ( Studi kasus di Global Teleshop ),” 2015.

S. W. Nur, Y. Fanani, F. R. Ar, S. Arifin, and A. I. Jilli, “Analisis Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja, Kompetensi, Kompensasi, dan Beban Kerja pada Kinerja Karyawan Menggunakan Model Persamaan SEM (Struktural Equation Modeling),” Pros. Semin. Nas. Teknol. Ind. Berkelanjutan III, no. Senastitan Iii, pp. 1–8, 2023.

P. Kotler and K. L. Keller, “Manajemen pemasaran.” edisi, 2009.

F. Tjiptono, “Strategi pemasaran edisi pertama,” Yogyakarta Andi Ofset, 2002.

G. Amstrong and P. Kotler, “Prinsip-prinsip pemasaran,” Jakarta: Erlangga, vol. 3, no. 2, 2008.

D. Saladin, “Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian,” Bandung: Linda Karya, 2003.

M. ISTIQAMAH, “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGATERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING,” 2020.

P. Kotler and N. Lee, Social marketing: Influencing behaviors for good. Sage, 2008.

G. Amstrong and K. Philip, “Dasar-dasar pemasaran,” Jilid I, Alih Bhs. Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta Penerbit Prenhalindo, 2012.

Noerchoidah, “Analisis Pengaruh Harga , Kualitas Produk Dan Iklan Terhadap Brand Image Dan Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Kawasaki,” vol. 3, no. 1, pp. 48–60, 2013.

V. Mirabi, H. Akbariyeh, and H. Tahmasebifard, “A Study of Factors Affecting on Customers Purchase Intention Case Study : the Agencies of Bono Brand Tile in Tehran,” vol. 2, no. 1, pp. 267–273, 2016.

R. Puspitorini, “Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian tempekita pada konsumen rumah tempe indonesia kota bogor,” 2022.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.