Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan

Linda Ayu Lestari, Lukmandono Lukmandono, Bella Syaharani, Tifanny Fa'iza Ashari, Salsabila Haffaf

Abstract

Maraknya bisnis makanan di Indonesia mencerminkan dinamika ekonomi dan perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin pesat. Seperti salah satunya adalah Kebab Baba Rafi sebuah waralaba yang telah sukses di pasar makanan Indonesia. Dengan menjaga kualitas pelayanan, harga dan kualitas produk yang baik dapat membuat Kebab Baba Rafi telah berhasil memperluas jejaknya di seluruh Indonesia. Salah satu cara yang digunakan untuk mencapai keunggulan tersebut dengan cara menjaga kepuasan pelanggan sehingga mempengaruhi loyalitas pelanggan terhadap produk mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan pada waralaba Kebab Baba Rafi untuk mengetahui faktor apa saja yang mempunyai pengaruh dominan pada waralaba tersebut. Dalam pengumpulan data menyebarkan kuesioner kepada pelanggan kebab baba rafi sebanyak 114 responden. Alat analisis menggunakan model SEM dengan bantuan software AMOS untuk mengetahui korelasi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan Nilai P value dari model SEM setelah dimodifikasi mampu memenuhi syarat minimum goodness of fit sehingga model dapat diterima untuk menggambarkan hubungan variabel laten yang dimaksud. Nilai P value berdasarkan model SEM yang telah dimodifikasi sebesar 0,067. Dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan dapat memberi wawasan kepada pemilik bisnis makanan Kebab Baba Rafi tentang faktor-faktor yang paling berpengaruh dalam membangun loyalitas pelanggan.

References

B. Jurnal and I. Administrasi, “Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan,” vol. 17, no. 2, 2011, doi: 10.20476/jbb.v17i2.632.

C. Martua and S. P. Djati, “PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN,” no. 1, pp. 10–18, 2018.

R. Aswira and A. Haryanto, “The Role of Customer Satisfaction in Mediating the Effect of Service Quality on Customer Loyalty PDAM Baubau City Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan PDAM Kota Baubau The phenomenon that occurs,” vol. VII, no. 2, pp. 121–133, 2023.

S. Widjoyo, P. Hatane, R. K. M. R. Brahmana, J. M. Pemasaran, U. K. Petra, and J. Siwalankerto, “Pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas konsumen restoran happy garden surabaya,” vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2014.

B. Studies, “Pengaruh brand image , brand trust , dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian ulang dengan kepuasan konsumen sebagai variabel moderating,” vol. 04, no. 1, pp. 41–53, 2019.

N. Aziza and S. Hariyono, “ANALISIS KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PROVIDER,” vol. 1, pp. 151–156, 2017.

P. K. Pelayanan et al., “DAN KEPERCAYAAN PENGGUNA JASA PENGIRIMAN PAKET PT . JALUR NUGRAHA,” pp. 0–18, 2020.

S. Kasus, D. I. Kalangan, S. Soloraya, R. A. Ghifari, M. Si, and D. Ph, “No Title,” pp. 1–21.

P. Kualitas, P. Dan, and K. Layanan, “Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan dan loyalitas pengguna kasmdi kbs,” vol. 11, no. 3, pp. 283–296, 2017.

K. Layanan, K. Pelanggan, L. Pelanggan, and S. Equation, “ISSN : 1963-6590 ( Print ) ISSN : 2442-2630 ( Online ).”

M. F. Alex, D. Nur, I. W. Pandu, M. Mudhofar, and A. Apriawan, “Mengukur Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Model Structural Equation Modelling (SEM),” Semin. Nas. Teknol. Ind. Berkelanjutan, no. Senastitan Iii, pp. 1–8, 2023.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.