Analisis Resiko Bahaya di Plat Cair 1 Menggunakan Metode JSA (Job Safety Analysis) dan Fine

Wafi Rezha Rizkullah, Hastawati Chrisna Suroso, Yohanes Andre Wijaya

Abstract

PT. XZY adalah perusahaan yang bergerak di sektor agrokimia yang menghasilkan produk utama berupa pestisida, pupuk hayati, probiotik ternak utama benmn dan sejumlah produksi lain. Produk-produk PT. XZY telah diakui sesuai Standar Internasional FAO (Specified Eor Plant Protection Produk). sehingga memenuhi standar keamanan bagi tanaman pertanian. PT. XZY pula berkomitmen buat senantiasa mendukung perkembangan sektor pertanian serta perkebunan di Indonesia mewujudkannya dengan pemanfaatan teknologi terbaru pada proses produksinya, sebagai akibatnya membuat produk yang berkualitas serta ramah lingkungan. Plant cair 1 merupakan tempat produksi cairan kimia yang bernama Bassa 500 EC, kanon 400 EC, dan Seldene 250 EC pekerjaan yang dilakukan oleh kontraktor utama yang di lakukan secara rutin setiap satu bulan sekali. Pekerjaan ini termasuk dalam kategori hight risk karena berkerja dalam kondisi ruang terbatas sehingga memerlukan pengawasan yang lebih. Permasalahan yang terjadi pada PT. XZY pada plant cair 1 yang merupakan tempat produksi cairan kimia adalah yaitu paparan bahan kimia, kerusakan mata yang di sebabkan oleh bahan kimia dan sering mendapat luka goresan yang di sebabkan karena sering tidak memakai apd yang sesuai. Banyaknya resiko kecelakaan kerja di area plant cair 1 sehinga dapat diteliti dan diselesaikan dengan menggunakan metode Job Safety Analy (JSA) dan fine.

References

N. S. br Ginting and R. Kristiana, “Analisis Efektivitas Pengendalian Risiko Kecelakaan Kerja Pada Pekerja Proyek Konstruksi Menggunakan Metode Fine dan Fault Tree Analysis,” Teknik, vol. 41, no. 2, pp. 192–200, 2020, doi: 10.14710/teknik.v39i3.20265.

T. S. Nova and N. L. P. Hariastuti, “Analisa Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan Metode HAZOPS dan Pendekatan Ergonomi (RULA dan REBA) di UD. Sekar Surabaya,” J. SENOPATI, vol. 3, no. 2, pp. 63–73, 2021.

M. Fuad, M. Indrayadi, and S. M. Nuh, “Penerapan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Menggunakan Metode HIRADC (Hazard Identificasion, Risk Assesment, And Determining Control) Dan JSA (Job Safety Analysis) Pada Proyek Pembangunan Gedung Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda KALBAR,” Jelast J. PWK, Laut, Sipil, Tambang, vol. VOl 6. No., pp. 1–5, 2019.

M. Saifussuja, A. Faqih, E. Furqon, and O. Kustiadi, “Perancangan Job Safety Analysis Di Pt Citra Transport Logistic Pada Departemen Mekanik Di Unit Dump Truk,” J. Ilm. Tek. dan Manaj. Ind. J. Taguchi, vol. 2, no. 2, pp. 2022–221, 2022.

A. S. Pratama, “Analisis Risiko K3 Menggunakan Pendekatan HIRADC dan JSA (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Sistem Pengamanan Kilang Terpadu Tahap II PT. Pertamina RU VI Balongan),” pp. 1–61, 2019, [Online]. Available: https://www.academia.edu/download/63082308/Laporan_Kerja_Praktik_Analisis_Risiko_K3_Menggunakan_Pendekatan_HIRADC_dan_JSA_oleh__Akhmad_Setyawan_Pratama_201920200424-123232-1w1yy0r.pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.