Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Motor Suzuki Melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervenning

Bakti Wijiantoro, Dimas Hamzah, Giosandro Giosandro, Achmad Alison Gymnastiar, Jodhy Iqbal Kusuma Putra

Abstract

Perkembangan dunia otomotif sekarang berlangsung sangat cepat serta memiliki daya saing yang beragam juga desain yang banyak. Berbagai merek motor yang  baru membuat tingkat persaingan makin meningkat di zaman industri 4.0. Perkembangan teknologi di bidang otomotif inilah yang menyebabkan banyak perusahaan otomotif menciptakan sepeda motor dengan berbagai model, desain yang menarik diimbangi dengan kualitas yang bagus dan harga yang cukup bersaing agar dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor suzuki melalui minat beli sebagai variabel intervenning. Aplikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan software IBM SPSS AMOS 22. Responden pada penelitian ini berjumlah 120 responden dan telah memenuhi ketentuan standar. Setelah melakukan running pada software didapatkan nilai P-Value sebesar 0,00 dan nilai cmin/df sebesar 9,369. maka dari itu model SEM dikatakan tidak memenuhi ketentuan standar. Kemudian dilakukan perbaikan terhadap model SEM dengan melakukan modifikasi pada model awal dengan menggabungkan beberapa covarian dengan nilai error yang besar. Maka didapati hasil bahwa model telah fit dengan nilai P-Value sebesar 0,120 telah melebihi batas minimal nilai teoritis sebesar 0,05 dan nilai CMIN sebesar 1,216. Dari hasil running model usulan didapati bahwa desain produk, kualitas produk dan minat beli konsumen memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor Suzuki.

References

R. Amelia Aisyah and P. Citra Merek dan Keluarga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki, “Pengaruh Citra Merek dan Keluarga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki di Universitas Muhammadiyah Surabaya.”

W. Andebar, “Jangan Kaget, Segini Total Penjualan Motor di Indonesia Sepanjang 2023,” Gridoto, 8 November 2023. [Online]. Available: https://www.gridoto.com/read/223939335/jangan-kaget-segini-total-penjualan-motor-di-indonesia-sepanjang-2023. [Diakses desember 2023].

P. Sepeda, A. Sudaryana, and G. D. Mustianingsih, “Analisis Keputusan Konsumen dalam Analisis Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sepeda Motor Merek Suzuki Di Yogyakarta.”

M. F. Mustofa, “Pengaruh Desain Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Suzuki Satria Fu 150cc (Studi Pada Pengguna Sepeda Motor Suzuki Satria Fu 150cc Di Surabaya),” Jurnal Ilmu Manajemen Volume 4 Nomor 4, p. 1-8, 2016.

A. Satdiah, E. Siska, and N. Indra, “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Cat De’lucent Paint,” CiDEA Journal, vol. 2, no. 1, pp. 24–37, 2023, doi: 10.56444/cideajournal.v2i2.775.

E. D. Hutri, R. Yuliviona, J. Manajemen, F. Ekonomi, and D. Bisnis, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Dengan Minat Beli Sebagai Variable Intervening (Studi kasus: pada pengguna sepeda motor di kota Padang).”

H. W. Prakoso et al., “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Satria F150”, doi: 10.17970/jrem.15.150205.ID.

J. Bisnis Dan Ekonomi, M. Tarida Br Simanjuntak, B. Sri Rahayu, and S. Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa Surakarta, “Desember P3M STIE AUB Surakarta The Influence Of Product Quality, Brand And Price On Purchasing Decisions Of Matic Suzuki Nex Ii Indosolo Motor Jajar Surakarta,” vol. 7, no. 2, 2020.

A. L. Tumbel and I. Trang, “Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt. Remaja Jaya Mobilindo Manado Analysis the effect of brand image, price and appeal of advertising on consumer buying interest in PT. Remaja Jaya Mobilindo Manado Oleh,” Analisis Pengaruh Citra… 209 Jurnal EMBA, vol. 4, no. 3, pp. 209–221, 2016.

A. Soraya and H. Fauziah, “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Sepeda Motor Suzuki Jenis Satria Fu Di Bandar Lampung,” 2017.

B. S. R. Meilis Tarida Br Simanjuntak, “Pengaruh Kualitas Produk, Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matic Suzuki Nex Ii Indosolo Motor Jajar Surakarta,” Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Volume 7 Nomor 2, pp. 112-133, 2020.

N. Meiliani, T. Ferdinand, and J. Manajemen, “Analisis Pengaruh Daya Tarik Desain Produk, Daya Tarik Promosi, Dan Persepsi Kualitas Terhadap Citra Merek Serta Dampaknya Terhadap Minat Pembelian Konsumen (Studi pada Calon Konsumen Honda Beat Pop di Dealer Nusantara Sakti Purwokerto),” Diponegoro Journal Of Management, vol. 5, pp. 1–11, 2015, [Online]. Available: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

E. Hutabarat, “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Motor Suzuki Satria Fu Pada Pt. Sunindo Varia Motor Gemilang Medan,” Jurnal Ilmiah Methonomi Volume 3 Nomor 1, pp. 112-121, 2017.

S. G. O. J. Billiclinton Kalele, “Pengaruh Word of Mouth, Daya Tarik Iklan, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Motor Suzuki Satria FU pada PT. Sinar Galesong Mandiri,” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Volume 3 Nomor 3, pp. 451-462, 2015.

I. A. Yuvira, M. Y. Siregar, and H. Sabrina, “Pengaruh Harga Dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Satria Fu di Medan Sumatera Utara,” Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBI), vol. 2, no. 1, pp. 81–85, Dec. 2021, doi: 10.31289/jimbi.v2i1.485.

T. Efnita and M. Si, “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Pada Cv.Gajah Mada Cabang Padang.”

Refbacks

  • There are currently no refbacks.