Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Teh Pucuk Harum melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening

Ayumi Hanafuki, Erene Zsa Zsa Yusfara, Lia Amanda Putri, Ranita Sylfi Septiyaningsih

Abstract

Diantara banyaknya produk teh siap minum salah satu yang menjadi minat masyarakat adalah teh pucuk harum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian Teh Pucuk Harum melalui minat beli sebagai variabel intervening dengan menggunakan SEM (Structural Equation Model). SEM digunakan untuk menguji dan mengukur hubungan antar variabel laten. Variabel laten dalam penelitian ini meliputi: kualitas produk, harga, promosi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuisioner dengan jumlah responden 100 orang sehingga telah memenuhi jumlah minimal. Saat dilakukan running menggunakan software IBM SPSS AMOS 22 memiliki nilai p-value sebesar 0,013 dan nilai dari cmin/df yaitu sebesar 1,386. Hal ini menandakan bahwa model SEM ini belum memenuhi standart ketentuan sebesar 0,05. Langkah berikutnya melakukan modifikasi model melalui menu modification indices yang ada pada AMOS. Hasil modifikasi menunjukka bahwa model telah fit dengan nilai p-value sebesar 0,060 dan nilai dari cmin/df yaitu sebesar 1,260. Hal ini menunjukkan pengaruh keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening perlu adanya perbaikan dan peningkatan supaya dapat mencapai pada standar kualitas layanan yang ingin dicapai.

References

R. Sukmawati and M. I. Tarmizi, “肖沉 1, 2, 孙莉 1, 2∆, 曹杉杉 1, 2, 梁浩 1, 2, 程焱 1, 2,” Tjyybjb.Ac.Cn, vol. 27, no. 2, pp. 58–66, 2022, [Online]. Available: http://117.74.115.107/index.php/jemasi/article/view/537

S. A. Sitorus, “Journal Business and Management,” J. Bus. Manag., vol. 1, no. 1, pp. 11–23, 2023.

N. Hanum, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Cuaca Terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum Dalam Kemasan ( Teh Pucuk Harum ),” 2017, [Online]. Available: https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/59764428/PROPOSAL_METOLIT_1610107820190617-122309-9wcecl-libre.pdf?1560768441=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DAnalisis_Pengaruh_Kualitas_Produk_Harga.pdf&Expires=1682843334&Signature=a5cqI3UqbSyoUPa

A. Nilawati, “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Teh Pucuk Harum Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Univertas Muhammdaiyah Palembang,” J. Manaj. dan Bisnis, vol. 430, 2018.

R. G. T. Paramita Lea Christanti, “Surakarta Management Journal,” Syrakarta Manag., vol. 2, no. 1, pp. 103–110, 2022.

C. Cesariana, F. Juliansyah, and R. Fitriyani, “Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran),” J. Manaj. Pendidik. Dan Ilmu Sos., vol. 3, no. 1, pp. 211–224, 2022, doi: 10.38035/jmpis.v3i1.867.

J. Orlando and L. Harjati, “Pengaruh Atribut Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Aa Raffi Fried Chicken Sindangbarang Bogor,” J. Account. Manag. Innov., vol. 6, no. 1, pp. 49–66, 2022, [Online]. Available: https://ejournal-medan.uph.edu/index.php/jam/article/view/525

B. A. B. Ii and K. Pembelian, “B.141.20.0026-05-Bab-Ii-20220826010956 Tk,” no. 2017, pp. 8–22, 2020.

B. Lestari and I. Novitaningtyas, “Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Coffeeville-Oishi Pan Magelang,” J. Nas. Manaj. Pemasar. SDM, vol. 2, no. 3, pp. 150–159, 2021, doi: 10.47747/jnmpsdm.v2i3.374.

D. Darmawan et al., “Promosi Penjualan, Pengaruh Produk dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan, Diversifikasi Manajemen, Jurnal Kewirausahaan, Dan Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan, Diversifikasi Sunan Giri Surabaya, Universitas,” J. Manajemen, Bisnis, dan Kewirausahaan, vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2022.

F. S. Lubis, A. P. Rahima, M. I. H. Umam, and M. Rizki, “Analisis Kepuasan Pelanggan dengan Metode Servqual dan Pendekatan Structural Equation Modelling (SEM) pada Perusahaan Jasa Pengiriman Barang di Wilayah Kota Pekanbaru,” J. Sains, Teknol. dan Ind., vol. 17, no. 1, p. 25, 2020, doi: 10.24014/sitekin.v16i2.9366.

B. Susila, U. Sumarwan, and K. Kirbrandoko, “Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Brand Switching Behavior Minuman Teh dalam Kemasan,” J. Ilmu Kel. dan Konsum., vol. 7, no. 3, pp. 193–201, 2014, doi: 10.24156/jikk.2014.7.3.193.

B. Permatasari and S. Maryana, “PENGARUH PROMOSI DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Gerai Baru Es Teh Indonesia di Bandar Lampung),” TECHNOBIZ Int. J. Bus., vol. 4, no. 2, p. 62, 2021, doi: 10.33365/tb.v4i2.1335.

R. D. J. Mochammad Zalaluddin Zuhri, “Analisis Pengaruh Iklan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Teh Pucuk Harum Pada Konsumen De Nala Foodcourt,” Eksis J. Ris. Ekon. dan Bisnis, vol. 12, no. 1, pp. 33–46, 2017, doi: 10.26533/eksis.v12i1.78.

D. Syatriani, “Rumus Slovin,” Dwi Syatriani, vol. 5, no. 3, pp. 248–253, 2020.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.