Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening.

Ali Sulton, Bayu Rizky Pratama, Moch Ferdy Sofansyah, Muhammad Fikrul Mustanir, Dava Admirald Naufalian

Abstract

Sepeda motor merupakan moda transportasi yang paling banyak digunakan oleh Masyarakat, mengingat tingkat kemacetan yang cukup tinggi khususnya di Indonesia, masyarakat membeli sepeda motor dengan tujuan dapat melalui jalan kecil untuk menghindari kemacetan sehingga mencapai tujuan dengan lebih cepat. Pertumbuhan pengguna kendaraan bermotor terus meningkat setiap tahunnya, mengakibatkan sangat banyak kategori baru terhadap keputusan pembelian sepeda motor. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data, informasi, dan bagaimana pengaruh tiap variabel bebas dan indikatornya terhadap variabel terikat yang tersedia mengenai keputusan pembelian sepeda motor Honda di Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang dimana sampel didapat sebanyak 155 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas, inovasi, dan harga mempengaruhi keputusan pembelian dengan minat beli sebagaii variabel intervening dengan P Value sebesar 0.071 yang Dimana telah dilakukan modifikasi model SEM, dengan menghubungan panah dari indikator ke eror sebanyak 20 kali.

References

J. P. I. Sari and A. Ferdian, “Jumlah Sepeda Motor di Indonesia Tembus 130 Juta Unit,” KOMPAS.com, 2023. https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/16/152100215/jumlah-sepeda-motor-di-indonesia-tembus-130-juta-unit

K. O. Prasetyadi, “Honda Kuasai Pasar, Penjualan Sepeda Motor Diprediksi Terus Meningkat,” Kompas, 2023. https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2023/04/24/honda-kuasai-pasar-penjualan-sepeda-motor-diprediksi-terus-meningkat

L. Nardo and B. Prasetiyo, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada Dealer Cv. Supra Jaya Motor Cianjur,” Transekonomika Akuntansi, Bisnis dan Keuang., vol. 2, no. 5, pp. 433–448, 2022, doi: 10.55047/transekonomika.v2i5.234.

Y. Nurfauzi et al., “Literature Review: Analysis Of Factors Influencing Purchasing Decisions, Product Quality And Competitive Pricing Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif,” Manag. Stud. Entrep. J., vol. 4, no. 1, pp. 183–188, 2023, [Online]. Available: http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

V. Aditya, L. Suryani, and R. R. Sapni, “Analisis Kualitas Pelayanan Pada PT Pos Indoneisa (Persero) Cabang Dumai,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, pp. 1349–1358, 2022.

D. Permata Sari, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Lokasi (Literature Review Manajemen Pemasaran),” J. Ilmu Manaj. Terap., vol. 2, no. 4, pp. 524–533, 2021, doi: 10.31933/jimt.v2i4.463.

B. U. Putra Manurung, “Implementasi least square dalam untuk prediksi penjualan sepeda motor (studi kasus : Pt . Graha Auto Pratama),” J. Ris. Komput., vol. 2, no. 6, pp. 21–24, 2015.

G. Joel, J. D. Massie, and J. L. Sepang, “Pengaruh Motivasi, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Sepeda Motor Matic Merek Yamaha Mio di Kota Manado,” J. EMBA, vol. 2, no. 3, pp. 1463–1472, 1463.

C. H. A. Prasetya, S. Kumadji, and E. Yulianto, “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Terhadap Kepercayaan Serta Keputusan Pembelian,” J. Adm. Bisnis, vol. 15, no. 2, pp. 1–6, 2014.

E. F. Kusuma, “Mengenal lebih jauh, Apa itu Analisis SEM ?,” YTPrayeh, 2022. https://ytprayeh.com/ekonomi/p-f165638724983aa/mengenal-lebih-jauh-apa-itu-analisis-sem

Andriasari Savi, “Kajian Sistem Informasi Akademik Untuk EfektivitasDan Pengembangan Menggunakan Sem Dan AmosStudi Kasus Amik Lampung Bandar Lampung,” J. Innov. Res. Knowl., vol. 1, no. 7, pp. 327–333, 2021.

B. Permatasari and S. Maryana, “PENGARUH PROMOSI DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Gerai Baru Es Teh Indonesia di Bandar Lampung),” TECHNOBIZ Int. J. Bus., vol. 4, no. 2, p. 62, 2021, doi: 10.33365/tb.v4i2.1335.

Y. S. Maulana and A. Alisha, “Inovasi Produk dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Restoran Ichi Bento Cabang Kota Banjar),” Inovbiz J. Inov. Bisnis, vol. 8, no. 1, p. 86, 2020, doi: 10.35314/inovbiz.v8i1.1313.

M. F. Nizam, E. Mufidah, and V. Fibriyani, “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Pemasaran Umkm,” J. EMA, vol. 5, no. 2, pp. 100–109, 2020, doi: 10.47335/ema.v5i2.55.

N. Arianty and A. Andira, “Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Helm LTD (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Pendekatan,” J. Ilm. Magister Manaj., vol. 4, no. 1, p. 897, 2021.

Jahroni dkk, “Pengaruh Citra Toko, Suasana Toko dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian,” J. Pendidik. Tambusai, vol. Vol. 5, no. No. 3, pp. 10234–10241, 2021.

K. Abdullah et al., Metodologi penelitian kuantitatif, 1st ed. Banda Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2022. [Online]. Available: https://repository.ar-raniry.ac.id/28559/1/Buku Metodologi Penelitian Kuantitatif.pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.