Integrasi Job Safety Analysis (JSA) dan Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control (HIRARC) Guna Mencegah Risiko Kecelakaan Kerja

Indah Setyaning Ari, Lukmandono Lukmandono

Abstract

PT. XYZ merupakan perusahaan ritel yang menjual produk batu alam jenis granit dan marmer, perusahaan ini menerapkan strategi Build to Stock dengan tujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan pasar di masa yang akan datang. Dalam observasi yang dilakukan di PT. XYZ ditemukan beberapa hal yang dapat menjadi pemicu terjadinya kecelakaan dan bekerja, pada saat proses pemindahan, pengangkutan, dan penomoran batu alam ini tidak semua menggunakan alat mesin, namun juga menggunakan tenaga pekerja yang diangkat menggunakan tangan kosong secara bergotong-royong. Melihat pentingnya untuk mengidentifikasi lebih lanjut mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada PT. XYZ guna mengurangi dan meminimalisir terjadinya kecelakaan saat bekerja, maka perlu mengidentifikasi dengan menggunakan metode Job Safety Analysis (JSA) dan Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control (HIRARC). Kejadian risiko yang dapat mengganggu proses kerja dengan menggunakan metode (JSA) terdapat 5 aktivitas kerja dan 13 sub aktivitas kerja. Dampak risiko dan peringkat risiko dari pekerja yang mungkin akan terjadi dengan metode (HIRARC) diperoleh 3 aktivitas kerja dengan potensi bahaya masuk dalam kategori extreme risk, 1 aktivitas kerja dengan potensi bahaya masuk dalam kategori high risk, 6 aktivitas kerja dengan potensi bahaya masuk dalam kategori moderate risk, dan 3 aktivitas kerja dengan potensi bahaya masuk dalam kategori low risk.

References

N. Nurkholis and G. Adriansyah, “Pengendalian Bahaya Kerja Dengan Metode Job Safety Analysis Pada Penerimaan Afval Lokal Bagian Warehouse Di Pt. St,” Tek. Eng. Sains J., vol. 1, no. 1, p. 11, 2017, doi: 10.51804/tesj.v1i1.63.11-16.

Supriyadi, Ahmad Nalhadi, and Abu Rizaal, “Identifikasi Bahaya dan Penilaian Risiko K3 Pada Tindakan Perawatan dan Perbaikan Menggunakan Metode HIRARC pada PT. X,” Semin. Nas. Ris. Terap., no. July, pp. 281–286, 2015, [Online]. Available: https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/senasset/article/view/474

N. Rosdiana, “Job Safety Analysis (JSA) Applied In Construction Industry,” IJSTE - Int. J. Sci. Technol. Eng., vol. 4, no. 9, pp. 1–9, 2018.

R. Wardhana and Lukmandono, “Design Cost Control in Risk Management with the Expected Money Value (Emv) and Hirarc Method at Pt Xyz Jawa Timur Surabaya,” PROZIMA (Productivity, Optim. Manuf. Syst. Eng., vol. 4, no. 1, pp. 12–22, 2021, doi: 10.21070/prozima.v4i1.1276.

K. Yuliantari and I. Prasasti, “Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada LLDIKTI Wilayah III Jakarta,” Widya Cipta J. Sekr. dan Manaj., vol. 4, no. 1, pp. 76–82, 2020, doi: 10.31294/widyacipta.v4i1.7699.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.