Uji Pengaruh Flywheel pada Performa Mesin Penggiling Cabai Model Disk Mill Penggerak Motor Listrik 1 HP

Bambang Setyono, Ogi Restu Alamsyah

Abstract

Mesin penggiling cabai menggunakan flywheel saat ini belum banyak digunakan, oleh karena itu dibuat inovasi terbaru karena flywheel memiliki performa yang sangat bagus buat mesin penggiling, karena flywheel menyimpan momen inersial yang yang dapat memberikan kesetabilan saat mendapaatkan beban. Penelitian ini dilakukan dengan menguji mesin penggiling cabe tanpa flywheel dan menggunakan flywheel diameter 20cm dan 25cm. Penelitian ini menggunakan metode experimen, yaitu menggunakan pengujian langsung performa mesin penggiling cabai tanpai flywheel dan menggunakan flywheel .Dari hasil pengujian diketahui bahwa konsumsi daya listrik untuk menggiling cabe 200g apabila mesin tanpa menggunakkan flywheel 0,033 watt, menggunakkan flywheel diameter (D20 cm) 0,027 watt dan yang menggunakkan flywheel diameter (D25 cm) 0,028 watt. Penambahan flywheel cenderung menurunkan putaran poros mesin dimana putaran poros tanpa flywheel putaran 2486,5 rpm, yng menggunakkan flywheel diameter (D20 cm) putaran 2228,5 rpm dan yang menggunakkan flywheel diameter (D25 cm) putaran 2138 rpm. Berdasarkan hasil pengujian yang di dapat saat pengujian. Tanpa menggunakan flywheel serbuk halus tapi kurang merata, sedangkan yang menggunakan flywheel diameter (D20 cm) serbuk halus agak merata dan yang memakai flywheel diameter (D25 cm) serbuk halus  merata.

References

Y. Gaga, S. Botutihe, and S. Haluti, “Rancang Bangun Alat Penggilingan Cabai Menggunakan Motor Listrik,” J. Teknol. Pertan. Gorontalo, vol. 4, no. 2, pp. 71–77, 2019.

J. B. Tarigan, “Rancang Bangun Alat Pengering dan Penggiling Cabai Merah (Capsicum annuum L.).” Universitas Sumatera Utara, 2020.

S. K. Sularso, “Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin, cetakan Kesebelas, Jakarta, PT,” Pradnya Paramita, 1997.

A. SUPRIYANDI, “PERENCANAAN ALAT PENCACAH PLASTIK POLIPROPILEN (PP) KAPASITAS 30 KG/JAM.” Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2018.

岡戸, 艾斌, 巴山, 玉蓮, and 櫻井, “主観的健康感を中心とした在宅高齢者における健康関連指標に関する共分散構造分析,” 総合都市研究, vol. 81, pp. 19–30, 2003.

J. A. Sukma, Y. Umardani, and M. T. ST, “PENGERASAN PERMUKAAN BAJA KARBON ST 40 DENGAN METODE NITRIDASI DALAM LARURATAN KALIUM NITRAT,” Jur. Tek. Mesin. Fak. Tek. Univ. Diponegoro. Semarang, 2012.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.