Analisis Pengaruh Kekakuan Pegas Dan Jarak Antar Sprocket Terhadap Daya Listrik Yang Di Hasilkan Alat Road Power Generator Model Light Speed Trap Model Vertical Sliding

Saiful Arif, Bambang Setyono

Abstract

Pegas merupakan benda yang memiliki sifat elastisi jika pegas mendapatkan gaya tarik atau gaya tekan dan pegas akan kembali kebentuk aslinya jika pegas tidak mendapatkan gaya sama sekali. Sedangkan sprocket adalah sebuah komponen yang berpasangan dengan rantai yang berfungsi meneruskan tenaga dari satu sprocket menuju sprocket lainnya melalui perantara rantai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil daya listrik yang dihasilkan dari alat road power generator model vertical sliding dari pengaruh kekakuan pegas dan jarak antar sprocket dengan masing-masing menggunakan 3 variasi. Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan sepeda motor Honda Supra X 125 dengan satu orang pengendara dan bantuan alat avo meter untuk mengetahui hasil daya yang dihasilkan. Hasilnya, dapat diketahui bahwa dengan menggunakan 3 variasi pegas dengan tinggi pegas 85 mm, 165 mm, 170 mm memiliki perbedaan dikarenakan semakin tinggi pegas yang digunakan maka semakin besar pula daya listrik yang dihasilkan. Serta jarak antar sproket juga berpengaruh pada hasil daya listrik yang dihasilkan dengan menggunakan 3 variasi 130 mm, 150 mm, 165 mm juga berpengaruh pada daya listrik, semakin jauh jarak antar sprocket maka daya listrik yang dihasilkan semakin kecil.

References

D. A. Patriawan, M. Ulum, M. S. Alqoroni, and A. Y. Ismail, “Transient Response Performance Test on Aftermarket Motorcycle Rear Suspension in Indonesia,” J. Mech. Eng. Sci. Innov., vol. 1, no. 2, pp. 69–76, 2021.

D. A. Patriawan, B. P. Natakusuma, A. A. Arifin, H. S. Maulana, H. Irawan, and B. Setyono, “Uji Presisi dari Nonholonomic Mobile Robot pada Rancang Bangun Sistem Navigasi,” J. Mech. Eng. Sci. Innov., vol. 1, no. 1, 2021.

Z. Anwar and E. Elfiano, “SPEED BREAKER SEBAGAI PENGGERAK GENERATOR LISTRIK,” J. Renew. Energy Mech., vol. 3, no. 01, pp. 1–5, 2020.

M. Muttaqin, “Static Simulation on Speed bumps Made of Foam Concrete Foam with Durian Skin Fibers Using Ansys Software,” J. Mech. Eng. Sci. Innov., vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2022.

Y. M. Lyashenko, A. V Prudii, and S. E. Menshenin, “Kinematic study of a road power generator for the port transport network,” in Journal of Physics: Conference Series, 2021, vol. 2061, no. 1, p. 12005.

A. Gnatov, S. Argun, and N. Rudenko, “Smart road as a complex system of electric power generation,” in 2017 IEEE First Ukraine Conference on Electrical and Computer Engineering (UKRCON), 2017, pp. 457–461.

S. M. Hossain, C. K. Das, M. S. Hossan, and S. Jarin, “Electricity from wasted energy of the moving vehicle using speed breaker,” J. Teknol., vol. 73, no. 1, 2015.

H. Zhang, X. R. Song, and J. Feng, “Road Power Generation System Based on Piezoelectric Effect,” in Applied Mechanics and Materials, 2013, vol. 329, pp. 229–233.

M. Sabri, J. Lauzuardy, and B. Syam, “Design mechanic generator under speed bumper to support electricity recourse for urban traffic light,” in IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 2018, vol. 126, no. 1, p. 12014.

S. Kim, Y. Lee, and H.-R. Moon, “Siting criteria and feasibility analysis for PV power generation projects using road facilities,” Renew. Sustain. Energy Rev., vol. 81, pp. 3061–3069, 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.