Pengaruh Variasi Tinggi Speed Bump Serta Variasi Rentang Waktu Kendaraan Bermotor Melintas Terhadap Daya Listrik yang Dihasilkan dari Alat Road Power Generator Model Vertical Sliding

Bambang Setyono, Dandy Sarviawan

Abstract

Speed bump adalah sebuah benda yang berada melintang ditengah jalan agar pengendara yang melintas dapat mengurangi kecepatan. Akan tetapi semakin majunya zaman, speed bump bisa di alih fungsikan sebagai alat pembangkit listrik dengan cara merubah energi kinetik menjadi energi listrik dengan bantuan sebuah generator dan rangkaian – rangkaian sproket didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil daya listrik dari pengaruh tinggi speed bump dan pengaruh variasi rentang waktu kendaraan bermotor melintas dengan masing – masing menggunakan 5 variasi. Pengujian ini menggunakan metode kualitatif dengan netode observasi secara mendalam pada penelitian. Pengujian dilakukan dengan menggunakan sebuah sepeda motor supra X 125 dengan bantuan alat avometer, stopwatch dan jangka sorong untuk mengetahui daya listrik yang dihasilkan. Hasilnya, dapat diketahui dengan rentang waktu 2 detik, 2.5 detik, 3 detik, 3.5 detik, 4 detik memiliki perbedaan. Semakin lama rentang waktu maka akan semakin rendah pula hasil daya yang dihasilkan serta tinggi speed bump yang memiliki tinggi 8mm, 16mm, 24mm, 32mm, 40mm juga berpengaruh akan hasil daya listrik yang diperoleh. Semakin tinggi speed bump maka semakin besar pula daya listrik yang dihasilkan dikarenakan semakin tinggi speed bump semakin tinggi travel yang diperoleh.

References

M. Muttaqin, “Static Simulation on Speed bumps Made of Foam Concrete Foam with Durian Skin Fibers Using Ansys Software,” J. Mech. Eng. Sci. Innov., vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2022.

D. A. Patriawan, M. Ulum, M. S. Alqoroni, and A. Y. Ismail, “Transient Response Performance Test on Aftermarket Motorcycle Rear Suspension in Indonesia,” J. Mech. Eng. Sci. Innov., vol. 1, no. 2, pp. 69–76, 2021.

N. Fatima and J. Mustafa, “Production of electricity by the method of road power generation,” Int. J. Adv. Electr. Electron. Eng., vol. 1, no. 1, pp. 9–14, 2011.

A. Gnatov, S. Argun, and N. Rudenko, “Smart road as a complex system of electric power generation,” in 2017 IEEE First Ukraine Conference on Electrical and Computer Engineering (UKRCON), 2017, pp. 457–461.

H. Zhang, X. R. Song, and J. Feng, “Road Power Generation System Based on Piezoelectric Effect,” in Applied Mechanics and Materials, 2013, vol. 329, pp. 229–233.

S. Kim, Y. Lee, and H.-R. Moon, “Siting criteria and feasibility analysis for PV power generation projects using road facilities,” Renew. Sustain. Energy Rev., vol. 81, pp. 3061–3069, 2018.

L. Wu, Y. Yuan, and H. Wu, “Solar road power generation assessment based on coupled transportation and power distribution systems,” in Journal of Physics: Conference Series, 2020, vol. 1659, no. 1, p. 12041.

Y. M. Lyashenko, A. V Prudii, and S. E. Menshenin, “Kinematic study of a road power generator for the port transport network,” in Journal of Physics: Conference Series, 2021, vol. 2061, no. 1, p. 12005.

S. M. Hossain, C. K. Das, M. S. Hossan, and S. Jarin, “Electricity from wasted energy of the moving vehicle using speed breaker,” J. Teknol., vol. 73, no. 1, 2015.

Z. Anwar and E. Elfiano, “SPEED BREAKER SEBAGAI PENGGERAK GENERATOR LISTRIK,” J. Renew. Energy Mech., vol. 3, no. 01, pp. 1–5, 2020.

M. Sabri, J. Lauzuardy, and B. Syam, “Design mechanic generator under speed bumper to support electricity recourse for urban traffic light,” in IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 2018, vol. 126, no. 1, p. 12014.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.