Analisa Aerodinamis Sepeda Tunggal, Ganda Dan Triple Berkelanjutan Menggunakan 3D Computational Fluid Dynamics

Arif Nur Cahyono, Ayu Setyaning Sayekti Poesoko, Syamsuri Syamsuri

Abstract

Sepeda model tunggal, ganda dan triple. Sepeda ganda dan triple adalah sepeda yang di desain untuk di kendarai lebih dari satu orang, sehingga beban yang di pikul oleh satu orang saat bersepeda dapat di bagi menjadi dua atau tiga orang, oleh karena itu di butuhkan desain atau model sepeda yang aerodinamis agar meminimalkan tahanan tekanan udara (coefficient of pressure) agar pengendara tidak cepat lelah, penelitian ini menganalisis fenomena yang terjadi pada sepeda dengan model tunggal, ganda dan triple yang di akibatkan dengan adanya kecepatan aliran fluida. Metodologi penelitian ini di simulasikan menggunakan ansys fluent dengan softwere CFD (Computational Fluid Dynamics). Dengan variasi kecepatan 30,60 dan 100 km/jam. Hal ini untuk mengganalisa tekanan udara dan turbulensi yang melintasi sepeda. Hasil simulasi menunjukan nilai koefisien hambat terbesar terjadi pada sepeda model triple dengan kecepatan 100 km/jam sebesar 1.380, sedangkan gaya angkat dengan nilai terbesar pada sepeda tunggal dengan kecepatan 100 km/jam sebesar 0.452. Hasil perhitungan dilakukan untuk mencari gaya hambat dan gaya angkat pada sepeda tunggal, ganda & triple. Hasil perhitungan menunjukan nilai gaya hambat sebesar 70.448 N dan gaya angkat sebesar 23.074 N.

References

M. S. K. T. S. Utomo and M. Iqbal, “Analisa Aerodinamika Pada Sepeda Dengan Formasi Beriringan Dengan Variasi Kecepatan Dan Jarak Antar Sepeda Menggunakan Cfd Fluent 6.3,” Rotasi, vol. 14, no. 4, pp. 28–37, 2012.

A. Ekoprianto, “Analisis aerodinamik pada bodi kendaraan listrik type citycar untuk lingkungan kampus,” J. Konversi Energi dan Manufaktur, vol. 3, no. 3, pp. 125–130, 2016.

W. Hucho and G. Sovran, “Aerodynamics of road vehicles,” Annu. Rev. Fluid Mech., vol. 25, no. 1, pp. 485–537, 1993.

H. Heisler, Advanced vehicle technology. Elsevier, 2002.

D. A. Patriawan, M. Ulum, M. S. Alqoroni, and A. Y. Ismail, “Transient Response Performance Test on Aftermarket Motorcycle Rear Suspension in Indonesia,” J. Mech. Eng. Sci. Innov., vol. 1, no. 2, pp. 69–76, 2021.

& S. Wahyu, A. S., “Analisa Aerodinamis Sepeda Listrik Tenaga Surya Menggunakan 3D COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC,” Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya., 2020.

P. J. Pritchard and J. W. Mitchell, Fox and McDonald’s introduction to fluid mechanics. John Wiley & Sons, 2016.

A. W. Jayawardena, Fluid Mechanics, Hydraulics, Hydrology and Water Resources for Civil Engineers. CRC Press, 2021.

N. A. S. Fatowil, “Simulasi Aliran Fluida Melintasi Body Mobil Toyota Yrs 4 Door Sedan Dengan Variasi Rear Spoiler Menggunakan Software Flent,” Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya., 2014.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.