Pemodelan Anti Lock Breaking System (ABS) dengan Memperhatikan Jarak dan Waktu Pengereman dengan Variasi Penambahan Massa pada Kendaraan

Mahardhika Widyan Pratama Adiluhung, Desmas Arifianto Patriawan

Abstract

Kecelakaan di jalan raya adalah hal yang paling tidak di inginkan semua pengguna jalan, hampir setiap kecelakaan terjadi di seluruh dunia, factor – factor terjadinya kecelakaan sendiri, bisa juga karena factor alam tapi  paling banyak di dominasi oleh human eror, semisal kurangnya konsentrasi pengendara diakibatkan kelelahan, ada juga factor alam yaitu kontur jalan yang kurang bagus atau mungkin jalan licin akibat salju, hujan, maka dari itu dikembangkanlah sebuah system pengereman untuk  meminimalisir dan mengurangi semua factor – factor tersebut, nama system tersebut ialah Anti-Lock Braking System (ABS), selain itu ada juga system Smart breking system (SBS), ABS adalah system pengereman pada kendaraan agar roda tidak penguncian roda (lock) ketika terjadi pengereman secara sepontan, pemodelan pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan program atausoftware SIMULINK MATLAB, penelitian dilakukan dengan memvariasikan penambahan massa kendaraan dengan penambahan 1 hingga 4 penumpang, dan diperoleh hasil Lock Braking System (LBS) adalah 21.70, 21.71, 21.72 dan 21.73 mater dengan waktu pengereman 5.09 detik, sedangkan penggereman ABS 17.93, 17.94, 17.97 dan 17.99 mater dengan waktu pengereman 4.13 detik, selsih jarak 3.78 mater dan waktu 1.4 detik, penggereman ABS lebih cepat dan aman di banding LBS.

References

D. A. Patriawan, B. P. Natakusuma, A. A. Arifin, H. S. Maulana, H. Irawan, and B. Setyono, “Uji Presisi dari Nonholonomic Mobile Robot pada Rancang Bangun Sistem Navigasi,” J. Mech. Eng. Sci. Innov., vol. 1, no. 1, 2021.

W. E. Juwana, “Rancang bangun sistem rem anti-lock brake system (abs) dengan penambahan komponen vibrator solenoid,” J. Tek. Mesin Indones., vol. 11, no. 2, pp. 83–88, 2016.

D. A. Patriawan, M. Ulum, M. S. Alqoroni, and A. Y. Ismail, “Transient Response Performance Test on Aftermarket Motorcycle Rear Suspension in Indonesia,” J. Mech. Eng. Sci. Innov., vol. 1, no. 2, pp. 69–76, 2021.

K. M. Algadah and A. S. Alaboodi, “Anti-lock braking system components modelling,” Int. J. Innov. Technol. Explor. Eng., vol. 9, no. 2, pp. 3969–3975, 2019.

M. Ulum and D. A. Patriawan, “Modeling and Performance Testing of Anti-Lock Braking System (ABS) with Variation of Road Friction Coefficient to Braking Distance,” Rekayasa, vol. 15, no. 3, pp. 340–345, 2022.

P. Rohilla and A. Dhingra, “Design and analysis of controller for antilock braking system in matlab/simulation,” Int. J. Eng. Res., vol. 5, no. 04, 2016.

K. Bhasin, “A Review Paper on Anti-Lock Braking System (ABS) and its Future Scope,” Int. J. Res. Appl. Sci. Eng. Technol, 2019.

S. Tyagi, D. Aggarwal, B. B. Tripathi, and A. Bajiya, “SMART BRAKING SYSTEM (SBS) FOR AUTOMOBILES,” Int. J. Res. Med. Sci., vol. 4, no. 2, 2016.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.