Perancangan Sistem Kontrol Motor Spindle Pada Mesin CNC Mini 3 Axis

Suntoro Wahyu Setiawan, Desmas Arifianto Patriawan

Abstract

Mesin CNC mini 3 axis model 3018 ini merupakan mesin CNC 3 axis engraving yang berukuran 400x330x240 mm. Mesin CNC ini sudah berbasis arduino nano dan memakai software GRBL Controller untuk menginput data Spindle Speed yang kemudian diteruskan ke motor Spindle. Dengan memodifikasi sistem kontrol pada mesin ini diharapkan dapat meningkatkan performa putaran motor pada motor Spindle dan memperkecil nilai steady state error.Modifikasi yang dilakukan ialah memastikan tegangan listrik yang diterima oleh mikrokontroller arduino nano kemudian diteruskan ke motor Spindle pada mesin CNC 3018. Disini solusi yang ditemukan ialah dengan menambahkan stavolt (stabilizer voltage) agar tegangan daya listrik yang masuk menjadi lebih stabil. Dari hasil pengujian dan perbandingan data sebelum dan sesudah ditambhakan stavolt (stabilizer voltage) pada mesin CNC mini 3 axis model 3018 didapatkan hasil yang cukup signifikan karena steady state error yang rata-rata sebelumnya lebih dari 5% (steady state error yang diperbolehkan maksimal 5%) menjadi dibawah 5% dalam peningkatan performa putaran pada motor Spindle.

References

E. Kurniawan, S. Syaifurrahman, and B. Jekky, “Rancang Bangun Mesin CNC Lathe Mini 2 Axis,” J. Engine Energi, Manufaktur, dan Mater., vol. 4, no. 2, pp. 83–90, 2020.

A. A. Arifin, K. B. Indarmawan, and D. A. Patriawan, “PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK CNC MINI 2 AXIS DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD),” Elem. J. Tek. MESIN, vol. 9, no. 2, pp. 90–98, 2022.

M. A. Masykur, A. A. Arifin, and D. A. Patriawan, “Pengaruh Variasi Massa Raw Material dan Jenis Material Terhadap Respon Steady State Error Spindle Mesin Lathe Mini,” in Prosiding SENASTITAN: Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan, 2022, vol. 2, pp. 61–69.

B. Jayachandraiah, O. V. Krishna, P. A. Khan, and R. A. Reddy, “Fabrication of low cost 3-Axis CNC router,” Int. J. Eng. Sci. Invent., vol. 3, no. 6, pp. 1–10, 2014.

J. Arifin, L. N. Zulita, and H. Hermawansyah, “Perancangan Murottal Otomatis Menggunakan Mikrokontroller Arduino Mega 2560,” J. Media Infotama, vol. 12, no. 1, 2016.

D. A. Patriawan, M. Ulum, M. S. Alqoroni, and A. Y. Ismail, “Transient Response Performance Test on Aftermarket Motorcycle Rear Suspension in Indonesia,” J. Mech. Eng. Sci. Innov., vol. 1, no. 2, pp. 69–76, 2021.

K. Krismadinata and I. Husnaini, “Komparasi Pengendali PI Dan PID untuk Tegangan Keluaran Konverter Buck,” J. Nas. Tek. Elektro, pp. 143–151, 2017.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.