Perancangan Sistem Kontrol Pergerakan Koordinat Pada Mesin CNC Mini 3 Axis

Rico Ismi Hidayatullah, Desmas Arifianto Patriawan, Ahmad Anas Arifin

Abstract

Pada zaman modern sekarang ini mesin CNC banyak digunakan di indonesia. Pada mesin CNC mini 3 axis model 3018 ini terdapat beberapa masalah, diantaranya sistem control pergerakan koordinat sumbu x, y dan sumbu z. Untuk mengatasi hal tersebut pelu dilakukan perbaikan mengenai besarnya nilai steady state error yang diatas 5%. Dengan memodifikasi sistem kontrol pada mesin ini diharapkan dapat meningkatkan feed rate / laju pemakanan terhadap sumbu x, sumbu y dan sumbu z serta memperkecil nilai steady state error. Modifikasi yang dilakukan ialah memastikan tegangan listrik yang diterima oleh mikrokontroller arduino nano kemudian diteruskan ke masing – masing aktuator motor stepper di setiap sumbu pada mesin. Disini solusi yang ditemukan ialah dengan menambahkan stavolt (stabilizer voltage) agar tegangan daya listrik yang masuk menjadi lebih stabil dengan melihat perbadingan tabel dan grafik transient respon pada masing-masing percobaan. Dari hasil pengujian dan perbandingan data sebelum dan sesudah ditambahkan stavolt (stabilizer voltage) pada mesin CNC mini 3 axis model 3018 didapatkan hasil yang cukup signifikan karena akurasi dan steady state error yang rata-rata sebelumnya lebih dari 5% (steady state error yang diperbolehkan maksimal 5%) menjadi dibawah 5% dalam peningkatan feed rate, dan performa pada pergerakan masing – masing sumbu.

References

B. Jayachandraiah, O. V. Krishna, P. A. Khan, and R. A. Reddy, “Fabrication of low cost 3-Axis CNC router,” Int. J. Eng. Sci. Invent., vol. 3, no. 6, pp. 1–10, 2014.

A. A. Arifin, K. B. Indarmawan, and D. A. Patriawan, “PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK CNC MINI 2 AXIS DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD),” Elem. J. Tek. MESIN, vol. 9, no. 2, pp. 90–98, 2022.

E. Kurniawan, S. Syaifurrahman, and B. Jekky, “Rancang Bangun Mesin CNC Lathe Mini 2 Axis,” J. Engine Energi, Manufaktur, dan Mater., vol. 4, no. 2, pp. 83–90, 2020.

D. A. Patriawan, M. Ulum, M. S. Alqoroni, and A. Y. Ismail, “Transient Response Performance Test on Aftermarket Motorcycle Rear Suspension in Indonesia,” J. Mech. Eng. Sci. Innov., vol. 1, no. 2, pp. 69–76, 2021.

W. S. Budi, A. A. Arifin, and D. A. Patriawan, “Pengaruh Variasi Massa Raw Material, Jenis Material dan Kedalaman Pemakanan Terhadap Respon Steady State Error pada Motor Penggerak Slider Mesin Lathe Mini,” in Prosiding SENASTITAN: Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan, 2022, vol. 2, pp. 186–191.

M. Tirono and N. Nayiroh, “Pemodelan dan pembuatan simulasi kestabilan respon transien motor DC menggunakan graphical user interface (GUI) pada Matlab,” J. Neutrino J. Fis. dan Apl., 2008.

D. A. Patriawan, B. P. Natakusuma, A. A. Arifin, H. S. Maulana, H. Irawan, and B. Setyono, “Uji Presisi dari Nonholonomic Mobile Robot pada Rancang Bangun Sistem Navigasi,” J. Mech. Eng. Sci. Innov., vol. 1, no. 1, 2021.

M. A. Masykur, A. A. Arifin, and D. A. Patriawan, “Pengaruh Variasi Massa Raw Material dan Jenis Material Terhadap Respon Steady State Error Spindle Mesin Lathe Mini,” in Prosiding SENASTITAN: Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan, 2022, vol. 2, pp. 61–69.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.