Model Perilaku Penggunaan Panel Surya Sebagai Energi Baru Terbarukan Dengan Pendekatan UTAUT dan TAM

Trias Septin Hariana, Lukmandono Lukmandono

Abstract

Energi Baru dan Terbarukan (EBT) merupakan salah satu isu penting di dunia internasional, hal ini dikarenakan energi ini merupakan sumber daya alam yang tidak dapat habis, sehingga menjadikan energi sebagai penunjang kehidupan manusia. PT. PLN atau PT. PLN merupakan perusahaan operasi dan pemeliharaan (O&C) yang ditunjuk oleh PT. PLN pembangkitan Tanjung Jati B untuk mengoperasikan dan memelihara PLTU Tanjung Jati B unit 3&4 yang berlokasi di Desa Tubanan, Kecamatan Kembang, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong seseorang untuk menggunakan suatu sistem, Model yang dikembangkan yaitu model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) yang merupakan hasil pengembangan dari beberapa model yang ada dan menyatakan model ini terbukti 70% lebih berhasil daripada model lainya. Model penerimaan teknologi (TAM) TAM disesuaikan dan dirancang untuk mengharapkan popularitas dan penggunaan generasi fakta di dalam tempat kerja. Konsep TAM dan UTAUT menjelaskan sebuah teknologi baru bisa diterima oleh masyarakat dengan persepsi masyarakat sendiri mengenai teknologi baru. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan seberapa besar pengaruh variabel-variabel model UTAUT dan TAM terhadap use behavior dan actual system use panel surya sebagai energi terbarukan di PT. PLN Pembangkitan Tanjung Jati B Unit 3 dan 4. Metode SEM yang dibantu dengan software SMARTPLS dengan harapan hasil dapat menjadi langkah bagi PT. PLN. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel model UTAUT ada yang berpengaruh signifikan terhadap use behavior dan actual system use dan ada yang tidak berpengaruh signifikan terhadap use behavior dan actual system use. Sedangkan variabel model TAM seluruh variabel nya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap use behavior dan actual system use.

References

Y. Utomo, I. Sudarso, and Lukmandono, “PENERAPAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) UNTUK MENGUKUR PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN DIGITALISASI YELLOW PAGES ( Studi kasus pada Perusahaan MD. Media Surabaya ),” Semin. Int. dan Konf. Nas. IDEC 2016, no. 2009, pp. 194–203, 2016.

H. Hamrul, B. Soedijono, and A. Amborowati, “Mengukur Kesuksesan Penerapan Sistem Informasi Akademik ( Studi Kasus Penerapan Sistem Informasi Stmik Dipanegara Makassar ),” Semin. Nas. Inform. 2013, vol. 2013, no. semnasIF, pp. 140–146, 2013.

F. Pradana, A. Rachmadi, and F. A. Bachtiar, “Penilaian Faktor Penerimaan Teknologi Blended learning di PTIIK Universitas Brawijaya dengan Metode Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT),” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, p. 49, 2015, doi: 10.25126/jtiik.201521130.

I. Indriyanti, T. Wahyuni, E. Ernawati, N. Ichsan, and H. Fatah, “Analisis Perbandingan Metode TAM dan UTAUT dalam Mengukur Kesuksesan Penggunaan Aplikasi Ojek Online,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 14, no. 4, pp. 24–30, 2021, doi: 10.35969/interkom.v14i4.79.

P. V. Shara and T. Widodo, “Penerapan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology ( Utaut ) Dalam Menganalisis Penggunaaan,” Sosiohumanitas, vol. XX, no. 1, pp. 70–83, 2018.

N. T. Dewi, “Analisis Penggunaan EFiling oleh Wajib Pajak Orang Pribadi dengan Menggunakan UTAUT 2,” E-Jurnal Akunt., p. 30, 2020.

D. Y. Prasetyo, “Penerapan Metode UTAUT dalam Memahami Penerimaan dan Penggunaan website KKN LPPM Unisi,” no. 6, pp. 26–34, 2017.

E. W. Setiawan, I., Putranto, B. D., & Purwaningsih, “Analisis Perbandingan Metode TAM Dan UTAUT Terhadap Penerimaan Pengguna E-Office Di DPRD Banyumas,” J. Teknovasi, pp. 14–25, 2018.

Sudaryono, “Aplikasi Analisis (Path Analysis) Berdasarkan Urutan Penempatan Variabel Dalam Penelitian,” J. Pendidik. dan Kebud., p. 391, 2011.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.