Analisis Penerapan Metode Rapid Prototyping Dalam Pembuatan Prototipe Dan Optimization Perubahan Diameter Pulley Pada Mesin Maker Di PT. XYZ

Dana Mekarona, Ayu Setyaning Sayekti Poesoko, Hery Irawan

Abstract

Pembuatan prototipe pada industri manufaktur berkembang dengan sangat pesat, berawal dari pembuatan secara konvensional kemudian dilakukan dengan menggunakan mesin-mesin perkakas yang membentuk kontur permukaan dengan melakukan pemotongan pada benda kerja. Lalu pembuatan prototipe jaman sekarang berkembang sangat pesat dan biasa disebut Rapid Prototyping. Dibidang manufaktur rapid prototyping mempunyai keunggulan yaitu mencetak suatu produk dengan cepat dan tepat walaupun pada produk yang kompleks sekalipun. Pada penelitian ini akan dikaji penerapan rapid prototyping dalam pembuatan prototipe pulley yang diameter nya diperbesar untuk mengoptimalkan produksi dari mesin maker. Penelitian dilakukan memakai perangkat rapid prototyping tipe Fused Deposition Modelling (FDM) yakni 3D Printing. Bahan filament yang digunakan yaitu jenis polymer Polylactic Acid (PLA). Spesimen yang dihasilkan selanjutnya akan dianalisa kelebihan dan kekurangannya. Setelah dilakukan analisis dan perhitungan, diperoleh nilai produksi mesin maker bertambah 13% dari yang sebelumnya menghasilkan 7.225 cigarette/menit menjadi 8.308,6 cigarette/menit dengan mengubah diameter pulley motor dari yang sebelumnya 20 cm menjadi 23 cm. Selain itu juga perlu ada perbaikan dan perubahan dalam hal penjadwalan maintenance mesin dan pemahaman mengenai target produksi pada pekerja dikarenakan nilai Overall Equipment Effectiveness (OEE) berada dibawah nilai idealnya yaitu 85%.

 

References

Widyanto, S. A. Pengembangan Teknologi Rapid Prototyping untuk Pembuatan Produk Produk Multi Material. Jurnal J@TI, 2008; 2 (2): 10- 11.

Singh, M, & Narwal, M.S. 2014, Measurement of Overall Equipment Effectiveness (OEE) of a Manufacturing Industry: An Effective Lean Tool. International

Prabowo, A.H., & Agustiani, M. 2017. Evaluasi Penerapan Total Productive Maintenance (Tpm) Melalui Pendekatan Overall Equipment Effectiveness (OEE) Untuk Meningkatkan Kinerja Mesin High Speed Wrapping Di Pt. Tes. Jurnal PASTI. Vol XII No. 1(1): 50 – 62.

Wohlers TT (2014) Wohlers report 2014: additive manufacturing and 3D printing state of the industry: annual worldwide progress report. Fort Collins, Wohlers Associates.

Blanchard, S. Benjamin. (1997), An Enhanced Approach for Implementing Total Productive Maintenance in The Manufacturing Environment, Journal of Quality in Maintenance Engineering, Vol 3.

Rupinder Singh, Sunpreet Singh, Iqwinder Preet Singh, Francesco Fabbrocino, Fernando Fraternali, 2017, Investigation for surface finish improvement of FDM parts by vapor smoothing process, Journal Composites Part B, 111, 228-234

Evaluasi Penerapan Total Productive Maintenance (Tpm) Melalui Pendekatan Overall Equipment Effectiveness (Oee) Untuk Meningkatkan Kinerja Mesin High Speed Wrapping Di Pt. Tes Herry Agung Prabowo , Milla Agustiani, Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650.

Analisis Overall Equipment Effectiveness (Oee) Dalam Meminimalisi Six Big Losses Pada Mesin Produksi Dual Filters Dd07 (Studi Kasus : Pt. Filtrona Indonesia, Surabaya, Jawa Timur) Dinda Hesti Triwardani1), Arif Rahman2), Ceria Farela Mada Tantrika3) Jurusan Teknik Industri Universitas Brawijaya

Optimasi Parameter Proses 3D Printing FDM Terhadap Akurasi Dimensi Menggunakan Filament Eflex Pristiansyah , Hasdiansah , Sugiyarto,Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung, Sungailia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.