Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Produksi dengan Menggunakan Metode Systematic Layout Planning dan CRAFT untuk Mengurangi Biaya Material Handling pada PT. Prima Daya Teknik

Muhammad Mudhofar, Hastawati Chrisna Suroso, Alif Rizqi Rahadian, Latifah Nur Sholekhah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat usulan perancangan tata letak fasilitas pada perusahaan yang bisa berguna untuk menghitung jarak perpindahan pada aktivitas material handling dan mengurangi biaya material handling. Dalam penelitian ini merancang layout usulan yang dilakukan dengan menggunakan metode Systematic Layout Planning dan CRAFT. Untuk perhitungan jarak dapat menggunakan perhitungan jarak rectilinear pada Systematic Layout Planning sebesar 4.694,4 meter serta biaya material handling rata-rata yang didapatkan adalah sebesar Rp 2.969.424, sedangkan untuk perhitungan jarak rectilinear pada metode CRAFT adalah sebesar 5.608,8 meter serta dengan biaya material handling rata-rata yang didapatkan sebesar Rp 3.548.126. Sehingga dari hasil perhitungan tersebut diketahui bahwa penentuan alternatif perancangan tata letak fasilitas usulan yang paling optimal adalah usulan yang menggunakan metode Systematic Layout Planning

References

U. Kholifah dan Suhartini, “Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Produksi dengan Metode Systematic Layout Planning dan BLOCPLAN untuk Meminimasi Biaya Material Handlingpada UD. Sofi Garmen,” Journal of Research and Technology, vol. 7, hlm. 151–162, 2021.

A. D. Purwati dan M. F. Najib, “Penerimaan Teknologi oleh Pelaku UMKM Kuliner di Kota Bandung terhadap Penggunaan Aplikasi Gobiz,” 2020.

I. Pratiwi, E. Muslimah, dan D. A. Wahab Aqil, “Perancangan Tata Letak Fasilitas Di Industri Tahu Menggunakan Blocplan,” Jurnal Ilmiah Teknik Industri, vol. 11, no. 2, 2012.

H. Maheswari Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, H. Maheswari, dan A. Dany Firdauzy, “Evaluasi Tata Letak Fasilitas Produksi Untuk Meningkatkan Efisiensi Kerja Pada PT. Nusa Multilaksana,” 2015.

Fajar Nurhidayat, “Usulan Perbaikan Tata Letak Fasilitas Lantai Produksi Dengan Metode Systematic Layout Planning (SLP) di PT DSS,” Jurnal IKRA-ITH TEKNOLOGI, vol. 5, no. 1, 2021.

A. Rahmawan, O. Adiyanto, dan A. Dahlan Yogyakarta, “Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Produksi UKM Eko Bubut dengan Kolaborasi Pendekatan Konvensional 5 S dan Systematic Layout Planning (SLP),” Jurnal Humaniora Teknologi, vol. 6, no. 1, hlm. 2614–3682, 2020.

S. Supriyadi, D. Setiawan, dan D. Cahyadi, “Perancangan Ulang Tata Letak Pabrik Menggunakan Metode Algoritma Computerized Relative Allocation of Facilities Techniques (CRAFT),” Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, vol. 5, no. 2, hlm. 75–80, Des 2019, doi: 10.30656/intech.v5i2.1820.

T. Billy Chandra Yunanto dan D. Sukma Donoriyanto, “Rancangan Tata Letak Fasilitas Produksi Menggunakan Automated Layout Design Program Di CV. XYZ,” 2020.

K. Kunci dkk., “Perancangan Tata Letak Di PT. Aerowisata Catering Service Dengan Menggunakan Metode Craft (Computerized Relative Allocation Of Facilities Techniques),” 2019, [Daring]. Available: https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/iej/index

B. Ristyanadi dan N. Orchidiawati, “Perancangan Tata Letak Di Pt. Aerowisata Catering Service Dengan Menggunakan Metode Craft (Computerized Relative Allocation Of Facilities Techniques),” 2019.

C. Indah Asmarawati, “Perancangan Tata Letak Pada Area Warehouse PT Simatelex Manufactory Batam,” JURNAL COMASIE, 2022.

H. Antoni Hutahaean, “Penggunaan Metode Algoritma Craft dan Blocplan untuk Perbaikan Tata Letak Fasilitas Lantai Produksi pada Industri Sparepart Sepeda Motor,” 2014.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.