Penerapan Metode Epq (Economic Production Quantity) Dengan Integrasi Ccr (Capacity Constrained Resources) Dan Toc (Theory Of Constraints) (Studi Kasus: Cv. Livana Spikoe-Surabaya)

Yogi Indra Kusuma, Ni Luh Putu Hariastuti

Abstract

CV.Livana Spikoe-Surabaya perusahaan roti yang sedang berkembang dengan ini permintaan perusahaan semakin meningkat. Untuk dapat memenuhi kebutuhan pasar maka CV.Livana Spikoe-Surabaya harus dapat mengevaluasi dari setiap lini produksi yang dilakukan. Perusahaan harus menemukan constraint yang terjadi dan mencari solusi sehingga produksi dapat dilakukan dengan baik. Selama ini dilakukan jadwal lembur yang dianggap berlebih dan menyebabkan pengeluaran perusahaan semakin besar. Perusahaan ingin meningkatkan produktivitas pada lini produksi dengan memperbaiki sistem yang ada melalui metode CCR dengan prinsip TOC, setelah mendapatkan hasil dan perbaikan sistem akan dihitung kembali biaya yang dikeluarkan dengan metode EPQ, hasil dari perhitungan dapat menurunkan biaya dari  Rp182.334.818,46/bulan menjadi Rp138.899.347,72/bulan dengan ini menekan biaya persediaan sebesar 23,82%.

Kata kunci: CCR, constraint, produktivitas, TOC

References

Musaki, H., Ginting, M., & Marpaung, B. (2015). Analisis Volume Produksi Menggunakan Metode Theory of Constraint (Studi Kasus Pada Produksi Kabel. Jurnal Teknik dan Ilmu Komputer.

Mulyana, E., Febianti, E., & Kulsum, K. (2015). Analisis Jumlah Produksi dan Total Cost Produksi Menggunakan Metode Economic Production Quantity (EPQ) dan Metode Economic Order Quantity (EOQ). Jurnal Teknik Industri Untirta, 3(3).

Hariastuti, N. L. P. (2018). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku dengan Metode EOQ guna Mencapai Tingkat Persediaan Optimal. Jurnal IPTEK, 1–10

Matswaya, A., Sunarko, B., Widuri, R., & Indriati, S. (2019). Analisis Perencanaan Kapasitas Produksi dengan Metode Rought Cut Capacity Planning (RCCP) pada Pembuatan Produk Kasur Busa (Studi pada PT Buana Spring Foam di Purwokerto). Performance, 26(2), 128.

Larasati, S. P., & Haksama, S. (2016). Penerapan Theory of Constraint Pada Kepuasan Kerja Karyawan Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 4(2), 155-162.

Inayati, T., & Wahyuningsih, S. D. (2018). Pendekatan Theory of Constraint (TOC) dalam Meningkatkan Efisiensi Biaya Produksi (Studi ada PT. Perkebunan Nusantara X Pabrik Gula Tjoekir Diwek Kabupaten Jombang Propinsi Jawa Timur). Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro, 1(2), 94-117.

Ratih, N. R. & Syuraika, E., (2019). Penerapan Theory of Constraint (TOC) untuk Meningkatkan Profitabilitas Pada Perusahaan Bakpia Latief di Kota Kediri. Jurnal Ilmiah Cendekia Akuntansi, 6(3), 45-53.

Gusnardi. (2012). TOC : Tinjauan Teori. Pekbis Jurnal, 2(3), 336–345.

Wulandari, F., & Kusumawardani, A. (2018). Analisis Pengendalian Internal Atas Persediaan Barang Dagang Pada PT. Pancar Warna Indah Abadi Samarinda. Akuntabel, 15(2), 94–106.

Ambarwati, R., & SE, M. (2020). Buku Ajar Manajemen Operasional dan Implementasi Dalam Industri. Umsida Press, 1-947

Sayuni, Zukhri, Meitriana, A. (2014). Analisis Jumlah Produksi Optimal dengan Metode Economic Production Quantity (EPQ) Pada UD. Sinar Abadi Singaraja. Jurnal Pendidian Ekonomi, 4(1).

Ridhwan, A., , Dra. Endang Pudji Purwanti, M. T., &, Renanda Nia Rachmadita, S.T., M. T. (2020). Optimasi Makespan Pada Penjadwalan Produksi Komponen Panel Fuel dengan Metode Shifting Bottleneck Heuristic di Perusahaan Penerbangan. 281–285.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.