Faktor-Faktor Keberhasilan Program Keselamatan Pada Perusahaan Konstruksi di Surabaya

Basyirotul Baroroh, Feri Harianto

Abstract

Program K3 merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap perusahaan. Keberhasilan program K3 merupakan sasaran utama bagi setiap perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang paling utama dalam keberhasilan pelaksanaan program K3. Penelitian ini menggunakan metode pembobotan TEV untuk mengetahui nilai kepentingan faktor keberhasilan program K3 dengan cara membuat pohon keputusan, kemudian dilanjutkan dengan pembobotan nilai menggunakan metode Delphi, expected value menjadi tahap akhir untuk menghitung nilai harapan tiap kelompok anak cabang pohon keputusan. Pengambilan data menggunakan kuesioner, dengan jumlah sampel sebesar 30 orang. Responden pada penelitian ini adalah divisi HSE, project manager dan site engingeering. Penelitian dilakukan di 5 perusahaan konstruksi di Surabaya. Variabel penelitian yang digunakan yaitu komitmen pimpinan, komunikasi, partisipasi pekerja, prosedur dan kebijakan K3, insentif, pelatihan K3, sarana dan prasarana serta peralatan. Hasil dari penelitian ini adalah expected value dari faktor keberhasilan program K3 pada perusahaan konstruksi di Surabaya adalah 3,68 dengan kategori tinggi sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan program K3 pada perusahaan konstruksi di Surabaya sudah berjalan dengan baik. Faktor yang paling dominan dalam keberhasilan K3 adalah komunikasi dengan nilai bobot 14,9%. Oleh karena itu pentingnya komunikasi di lapangan melalui safety talk perlu dilakukan pada setiap memulai pekerjaan.

References

I. Mayasari and I. P. A. Wiguna, "Pengaruh Sistem Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Dan Pemberian Insentif Terhadap Kinerja K3 Pada Proyek Konstruksi Di Surabaya", In Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XXIV. Program Studi MMT-ITS, pp. 1-7, 2016.

A. A. Joesoef, "Analisis Penerapan K3 (Keselamatan Dan Kesehatan Kerja) Terhadap Kinerja Pekerja Pemasangan Batu Bata Proyek Apartemen Bale Hinggil Surabaya", Student Journal Gelagar, vol.2, no. 1, pp. 164-174, 2017.

D. Pontan and C. Christianto, "Identifikasi Faktor Keberhasilan Penerapan Sistem Manajemen Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (SMK3) Pada Proyek Konstruksi Bangunan Gedung Bertingkat Di Jakarta", In Prosiding Seminar Nasional Pakar, pp. 1-5, 2019.

B. Sulistyo, "Strategi Komunikasi dalam membentuk Budaya Keselamatan Kerja Melalui Implementasi Observasi PEKA (Pengamatan Keselamatan Kerja) di PT. X", Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), vol. 20, no.1, pp. 1-12, 2020.

B. N. Hamidah, "Analisis Kompetensi Kerja, Partisipasi Karyawan, Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Kerta Rajasa Raya Di Sidoarjo", Sasanti: Journal of Economics and Business, vol. 2, no. 2, pp. 56-72, 2021.

T. Winarti and B. Talim, "Efektivitas Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) – Studi Literatur", Manajemen Sumber Daya Manusia, vol. 7, no. 1, pp. 52-63, 2017.

Z. Molamohamadi and N. Ismail, "The Relationship Between Occupational Safety, Health, And Environment, And Sustainable Development: A Review And Critique", International Journal of Innovation, Management, and Technology, vol. 5, no. 3, pp. 198, 2014.

M. Natalia and Y. Partawijaya, "Analisis Critical Success Factors Proyek Konstruksi di Kota Padang", Fondasi: Jurnal Teknik Sipil, vol. 6, no. 2, pp. 90-99, 2017.

F. Wantouw, T. W. Tumewu, and R. A. Rachmadi, "Implementasi Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Proyek Pembangunan Gedung Kantin Di Universitas Katolik De La Salle Manado", Jurnal Ilmiah Realtech, vol. 14, no. 2, pp. 149-156, 2018.

E. Kamdhari and D. Estralita, "Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (SMK3) Pada Proyek Female Apartment Adhigrya Pangestu Application of Occupational Health and Safety (OHS) Management System In Female Apartment Adhigrya Pangestu Project", Jurnal Poli-Teknologi, vol. 17, no. 1, pp. 17-26, 2018.

F. Harianto, N. Anwar, I. P. A. Wiguna., and E. Suryani, "Experiment the Effect of Providing Monetary Incentives and Safety Patrols on Work Safety Behavior in Construction Project Implementation", Lecture Notes in Civil Engineering, vol. 216, pp. 449–457, 2022.

R. A. Muslim and F. Harianto, "Efek Safety Talk Terhadap Perilaku K3 Di Proyek Apartemen Grand Lagoon Surabaya", Paduraksa: Jurnal Teknik Sipil Universitas Warmadewa, vol. 10, no.1, pp. 99-111, 2021.

D. Listyaningsih and F. Harianto, "Iklim Keselamatan Kerjs Pada Proyek Konstruksi Di Surabaya", Paduraksa: Jurnal Teknik Sipil Universitas Warmadewa. vol.10, no. 1, pp.70-83, 2021.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.