Analisa Penggunaan Lot Sizing Dalam Perencanaan Persediaan Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode Material Requirement Planning Di Pt. Xyz

Muhammad Rafly Isnantoro, Ni Luh Putu Hariastuti

Abstract

Perusahaan manufaktur di era modern dituntut untuk bergerak cepat dan dinamis. Segala bentuk pembaharuan dari segala aspek terus dilakukan termasuk manajemen dalam pengelolaan persediaan bahan baku. PT. XYZ merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang plastik. Sering ditemukan adanya kendala dalam hal perencanaan dan pengendalian persediaan bahan baku, khususnya pada bahan baku HD Asrene SF 5007. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa beberapa metode lot sizing sehingga mendapatkan metode lot size yang optimal guna diaplikasikam pada metode Material Requirement Planning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wagner within, silver meal, least unit cost, dan part period balancing, serta Material Requirement Planning (MRP). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keempat metode tersebut menghasilkan biaya minimum yang sama yaitu sebesar Rp.97.786.311 dan dapat menghemat biaya persediaan bahan baku sebesar Rp.6.773.866 atau 6% dari total biaya persediaan yang diterapkan pada perusahaan saat ini.

References

A. Wahyuni and A. Syaichu, “PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (MRP) PRODUK KACANG SHANGHAI PADA PERUSAHAAN GANGSAR NGUNUT-TULUNGAGUNG,” Pap. Knowl. . Towar. a Media Hist. Doc., vol. 7, no. 2, pp. 107–15, 2014.

S. Rajendra, H. Septa, and N. D. Juita, “Penggunaan metode algoritma wagner within dalam upaya pengendalian persediaan scrap besi di PT XYZ Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis Penggunaan metode algoritma wagner within dalam upaya pengendalian persediaan scrap besi di PT . XYZ,” no. April, 2020, doi: 10.29407/nusamba.v5i1.14111.

H. N. Hidayat, Heri Wibowo, “ISSN : 1963-6590 ( Print ) ISSN : 2442-2630 ( Online ),” no. 2001, 2012.

M. A. Sungkono and W. Sulistiyowati, “PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN BAHAN BAKU UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PRODUKSI DENGAN METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DI PT. XYZ”.

N. L. P. Hariastuti, “ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN METODE EOQ GUNA MENCAPAI TINGKAT PERSEDIAAN OPTIMAL.” 2013.

Hidayat, H. Wibowo, and N. Hamdani, “ANALISA PERENCANAAN KEBUTUHAN BAHAN DENGAN KRITERIA MINIMASI BIAYA PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PT. FAJAR UTAMA FURNISHING BEKASI,” no. 2001, 2012.

Y. Agustrimah, A. Sukarsono, and S. Sukarni, “Perencanaan kebutuhan bahan baku dengan metode material requirement planning (MRP) pada proses produksi jas almamater di home industry Kun Tailor Tulungagung,” Tek. J. Sains dan Teknol., vol. 16, no. 1, p. 53, 2020, doi: 10.36055/tjst.v16i1.7590.

Z. Mahbuah, “Optimasi Persediaan Bahan Baku Kedelai dengan Membandingkan Metode Silver Meal Heuristic dan Least Unit Cost (Studi Kasus pada UKM Tahu ADMA, Malang).” 2015.

D. A. Himawan, “Aplikasi Lot Sizing Pengadaan Bahan Baku untuk Minimasi Biaya Sistem Inventory (Studi Kasus di Hardwoker Clothing Industry),” 2017.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.