Analisis Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja, Kompetensi, Kompensasi, dan Beban Kerja pada Kinerja Karyawan Menggunakan Model Persamaan SEM (Struktural Equation Modeling)

Siska Nur Witriyanti, Yusron Fanani, Ferdiansyah Ar Rafli, Ahmad Jillli Ikhwanus Safa, Syamsul Arifin

Abstract

Persaingan industri saat ini semakin ketat, perusahaan dituntut berkembang mengikuti kemajuan teknologi yang ada. Banyaknya perusahaan bergerak di bidang yang sama membuat perusahaan harus lebih unggul dari kompetitornya. Pihak manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki peran penting untuk mencapai tujuan suatu perusahaan dalam melakukan aktivitas, terutama terciptanya SDM yang berkualitas sebagai modal utama dalam merencanakan, mengorganisir, mengarahkan, serta menggerakkan sistem yang ada dalam perusahaan. Penelitian ini memilik tujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, lingkungan kerja, kompetensi, kompensasi, dan beban kerja terhadap kinerja karyawan.  Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 149 yang diperoleh dari penyebaran kuesioner ke responden yang sudah ditentukan. Analisis data menggunakan metode SEM (Struktural Equation Modeling) dengan bantuan software AMOS. Berdasarkan hasil pengolahan data didapatkan model SEM awal belum layak sesuai goodnes of fit karena nilai P value masih 0,000. Setelah dilakukan modifikasi model SEM sudah dinyatakan layak dan sesuai dengan goodnes of fit karena nilai P value sebesar 0,072 >0,05. Model yang telah dimodifikasi menunjukkan bahwa variabel motivasi, lingkungan, kompetensi, kompensasi, dan beban kerja sangat berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan di sebuah perusahaan.

 

Kata kunci: SDM, software AMOS, Struktural Equation Modeling (SEM), Kinerja Karyawan, variabel.

References

DAFTAR PUSTAKA

Fajar Nurrohmah, “Pengaruh Quality Of Worklife Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Karyawan (Studi kasus pada karyawan Surat Kabar Harian Umum Lampung Post),” Bandar Lampung., 2017.

S. Astianto, “Pengaruh Stres Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PDAM SURABAYA.,” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, vol. 3, no. 7, 2014.

R. dan H. S. Heidjrachman, Manajemen Personalia, Edisi keempat. yogyakarta: BPFE, 2002.

A. S. Nitisemito, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi ketiga. jakarta: Ghalia Indonesia., 1996.

Sedarmayanti, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. bandung : mandar maju, 2001.

A. A. A. Prabu. Mangkunegara, Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Perusahaan. bandung: PT. Refika Aditama, 2006.

A. Ruky, Sumber Daya Manusia Berkualitas Mengubah Visi Menjadi Realitas, Catatan kedua. jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama., 2006.

T. Hani. Handoko, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. yogyakarta: BPFE, 2001.

D. Fadhillah, Nasir, and T. R. I. Putra, “Sikap Etnosentris Dan Kinerja Pegawai (Studi Pada Pegawai Administrasi RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH,” Jurnal Magister Manajemen, vol. 2, no. 2, pp. 171–179, 2018.

H. V. L. , Schuler R.S., Personal and Human Resource Management, 5th ed. Minnesouta: West Publishing Company, 1993.

D. Lesmana, “Pengaruh Penganggaran Partisipatif, Sistem Pengukuran Kinerja Dan Kompensasi Insentif Terhadap Kinerja Manajerial Perguruan Tinggi Swasta Di Palembang,” 2011.

H. E. Sutrisno, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

M. Hariyati, “Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kelelahan Kerja Pada Pekerja Linting Manual Di PT. Djitoe Indonesia Tobacco Surakarta.,” skripsi, 2011.

K. C. Setiawan, “Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Level Pelaksana Di Divisi Operasi PT. PUSRI PALEMBANG,” jurnal psikologi, vol. 1, no. 2, pp. 43–53, 2015.

Junaidi, APLIKASI AMOS dan STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM). Unhas Press, 2021.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.