Identifikasi Prioritas Atribut Kualitas Layanan Untuk Peningkatan Layanan Perpustakaan di Universitas Negeri Gorontalo

Nurfaisal Harun, Evi Yuliawati

Abstract

Perpustakaan adalah sebuah unit pelaksana teknis yang mempunyai peran penting dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Seperti penyedia jasa pada umumnya perpustakaan terus dituntut untuk melakukan peningkatan kualitas layanan serta mampu mengakomodasi berbagai kebutuhan pemustaka terlebih dimasa Pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur kepuasan pemustaka serta menentukan prioritas layanan yang dapat meningkatan kepuasan pemustaka di Perputakaan Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode Library Quality (LibQual+TM)-KANO untuk mengukur kondisi kinerja layanan perpustakaan dan mengidentifikasi atribut layanan yang harus diprioritaskan dalam perbaikan serta pengembangan kualitas layanan perpustakaan. Variabel dalam penelitian ini menggunakan 3 dimensi pada LibQual+TM yang diturunkan menjadi 21 atribut layanan yang dinilai. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner yang disebar seara acak pada 200 responden pemustaka yang berada di perpustakaan Universitas Negeri Gorontalo. Hasil pengolahan data, diperoleh 11 atribut yang masuk dalam kategori must-be, 6 atribut masuk dalam kategori indifferent, dan 4 atribut masuk kedalam kategori Questionable.

Full Text:

PDF

References

R. Fikri and Y. Y. Prasetyawan, “Mengukur Kualitas Layanan Perpustakaan Universitas Semarang Menggunakan LibQual+TM,” J. Ilmu Perpust., vol. 6, no. 3, pp. 671–680, 2017, [Online]. Available: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23199

S. Sarwono, I. Isbandini, and D. Rahayu, “Analisis Tingkat Kepuasan Pemustaka Terhadap Layanan Electronic Theses and Dissertations (ETD) Perpustakaan UGM dengan Menggunakan Metode LibQUAL +TM,” Libr. J. Perpust., vol. 6, no. 2, p. 299, 2018, doi: 10.21043/libraria.v6i2.4153.

M. Huda, H. Santoso, and S. Rahayuningsih, “Analisis Kualitas Layanan Perpustakaan Menggunakan Metode Kano Di Perpustakaan Universitas Kadiri,” JATI UNIK J. Ilm. Tek. dan Manaj. Ind., vol. 1, no. 1, pp. 30–39, 2017, doi: 10.30737/jatiunik.v1i1.67.

J. Liu, K. M. Kamarudin, and J. Zou, “Integrating Kano Model With Rough Set Theory To Determine Users’ Needs: Improving Service Quality in Academic Libraries in China,” Alam Cipta, vol. 14, no. 1, pp. 20–30, 2021.

E. R. dan E. Yuliawati, “Pengembangan Produk Lampu Meja Belajar dengan Metode Kano dan Quality Function Deployment (QFD),” J. Res. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 78–86, 2016.

N. Hidayat et al., “Analisis Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Perpustakaan Universitas Negeri Padang (Unp) Dengan,” J. Multidiscip. Res. Dev., vol. 1, no. 1, pp. 28–39, 2018.

E. Fatmawati, “Kajian Teoritis Mengenai Metode LibQUAL+TM untuk Mengevaluasi Kualitas Layanan Perpustakaan,” J. Ilm. Kepustakawanan “Libraria,” vol. 1, no. 1, pp. 45–80, 2011, [Online]. Available: https://adoc.pub/download/kajian-teoritis-mengenai-metode-libqual-tm-untuk-mengevaluas.html

F. Abdillah, “Peningkatan Kualitas Pelayanan Perpustakaan Melalui,” vol. 13, no. 1, pp. 11–19, 2017.

Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian, Edisi 16. Bandung: ALFABETA, 2010.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.