Mitigasi Risiko Keterlambatan Material dan Komponen Impor menggunakan House of Risk (HOR) Pada Proyek Pembangunan Tug Boat 2x1200 HP

Oka Hildawan Mahendra, Minto Basuki

Abstract

Tug Boat 2x1200 HP merupakan kapal pesanan dari salah satu perusahaan BUMN di Indonesia. Tug Boat 2x1200 HP ini salah satunya di produksi pada galangan kapal PT. XYZ yang berlokasi di Gresik. Pada proses pembangunannya terdapat beberapa risiko yang akan terjadi, salah satunya adalah risiko keterlambatan material dan komponen terutama pada material dan komponen impor. Tujuan penelitian ini, membuat tindakan pencegahan menggunakan metode House of Risk(HOR) terhadap risiko yang terjadi pada keterlambatan material dan komponen impor pembangunan Tug Boat 2x1200 HP di PT. XYZ. Metode House of Risk(HOR) dibagi menjadi 2 fase : 1) mengidentifikasi risiko yang akan menjadi prioritas Risk Agent. 2) menyusun tindakan pencegahan berdasarkan tingkat prioritas Risk Agent. Hasil dari penelitian ini, dari HOR Fase I didapatkan sebanyak 22 Risk Agent dan 10 yang menjadi prioritas Risk Agent. Dari HOR Fase II didapatkan sebanyak 14 tindakan pencegahan dari 10 yang menjadi prioritas Risk Agent.

Full Text:

PDF

References

Cahyani Z.D., 2016. Studi Implementasi Model House of Risk (HOR) untuk Mitigasi Risiko Keterlambatan Material dan Komponen Impor pada Pembangunan Kapal Baru. JURNAL TEKNIK ITS Vol. 5, No. 2, ISSN: 2337-3539.

Basuki, M dan Widjaja, S, 2008. Studi Pengembangan Model Manajemen Risiko Usaha Bangunan Baru Pada Industri Galangan Kapal, Prosiding Seminar Nasional Teknologi Produksi, Jurusan Teknik Perkapalan, FTMK ITATS.

Basuki, M., Manfaat, D., Nugroho, S., and Dinariyana, AAB, 2014, Probabilistic Risk Assessment Of The Shipyard Industry Using The Bayesian Method, International Journal of Technology, Vol 5, No. 1, pp 88-97.

Basuki, M., Manfaat, D., Nugroho, S., and Dinariyana, AAB, 2012, Improvement Of The Process Of New Business Of Ship Building Industry, Journal of Economics, Business, & Accountancy Ventura, Vol 15, No. 2

Santosa, B, 2009, Manajemen Proyek Konsep dan Implementasi, Graha Ilmu.

Pujawan, I. N., and Geraldin, L., 2009. House of risk: a model for proactive supply chain risk management. Business Process Management Journal, Vol. 15, No.6, pp.953-967..

Juran, J, 1999. Juran's Quality Handbook (5 ed.). New York: McGraw-Hill.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.