Studi Eksperimen Pengaruh Variasi Diameter Sudu Kompresor Turbocharger pada Daya, Torsi dan Emisi CB150R

Moch Syaiful Huda, Anugrah Fardhan Rasyidi, Afrizal Amir, Zain Lillahulhaq, Naili Saidatin, Dian Yanuarita Purwaningsih

Abstract

Turbocharger merupakan kompresor sentrifugal digerakan oleh turbin yang diputar oleh asap gas buang kendaraan. Turbocharger diaplikasikan pada pembakaran dalam tekanan tinggi seperti mesi diesel untuk meningkatkan energi output dan efisiensi mesin. Pemasangan turbocharger dapat dilakukan pada kendaraan roda 2 pada kapasitas dan dimensi ruang bakar yang lebih besar. Literasi tentang pemanfaatan turbocharger pada kendaraan roda dua seperti motor sangat jarang ditemui dan sulit untuk mengetahui pengaruh penggunaan turbocharger pada sepeda motor. Pada sepeda motor udara intake yang panas dan memiliki tekanan tinggi dapat menimbulkan knocking pada pembakaran mengalami knocking. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh perubahan ukuran diameter pada sudu kompresor terhadap sepeda motor CB150R. Penelitian ini meninjau perunaham performa daya dan torsi pada sepeda motor. Perubahan diameter kompressor turbocharger berpengaruh terhadap emisi, daya dan torsi yang dihasilkan sepeda motor, dari pengujian yang dilakukan didapat hasil motor yang menggunakan turbocharger dengan ukuran kompresor standart lebih tinggi HP dan Torsinya dari motor standar tanpa turbocharger. Pemasangan turbocharger pada sepeda menghasilkan performa yang bagus namun harus dilakukan penyesuaian spesifikasi kendaraan dan jenis turbocharger yang diaplikasikan.

Full Text:

PDF

References

C. Wang et al., “Experimental study on knock suppression of spark-ignition engine fuelled with kerosene via water injection,” Appl. Energy, vol. 242, pp. 248–259, May 2019, doi: 10.1016/j.apenergy.2019.03.123.

I. Maridjo, A. R. Yuliyani, J. Teknik, K. Energi, and P. N. Bandung, “PENGARUH PEMAKAIAN BAHAN BAKAR PREMIUM, PERTALITE DAN PERTAMAX TERHADAP KINERJA MOTOR 4 TAK,” J. Tek. ENERGI, vol. 9, no. 1, pp. 73–78, Nov. 2019, Accessed: Feb. 10, 2021. [Online]. Available: https://jurnal.polban.ac.id/ojs- 3.1.2/energi/article/view/1648.

S. K. Hotta, N. Sahoo, K. Mohanty, and V. Kulkarni, “Ignition timing and compression ratio as effective means for the improvement in the operating characteristics of a biogas fueled spark ignition engine,” Renew. Energy, vol. 150, pp. 854–867, May 2020, doi: 10.1016/j.renene.2019.12.145.

G. Setyono, A. Anas Arifin, and Z. Lillahulhaq, “Hydroxy Gas (HHO) Supplement of Ethanol Fuel Mixture In A Single-Cylinder Spark-Ignition Matic-Engine,” Oct. 2020. doi: 10.33021/JMEM.V5I2.1136.

Z. Wang, H. Liu, and R. D. Reitz, “Knocking combustion in spark-ignition engines,” Progress in Energy and Combustion Science, vol. 61. Elsevier Ltd, pp. 78–112, Jul. 01, 2017, doi: 10.1016/j.pecs.2017.03.004.

B. Yadollahi and M. Boroomand, “The effect of combustion chamber geometry on injection and mixture preparation in a CNG direct injection SI engine,” Fuel, vol. 107, pp. 52–62, May 2013, doi: 10.1016/j.fuel.2013.01.004.

B. Budiyono, “Pengaruh kerenggangan celah dan pemilihan jenis busi pada mobil xenia 1.0 terhadap gas buang,” Tek. J. Sains dan Teknol., vol. 16, no. 1, p. 122, Jun. 2020, doi: 10.36055/tjst.v16i1.7701.

S. Jaichandar, P. Senthil Kumar, and K. Annamalai, “Combined effect of injection timing and combustion chamber geometry on the performance of a biodiesel fueled diesel engine,” Energy, vol. 47, no. 1, pp. 388–394, Nov. 2012, doi: 10.1016/j.energy.2012.09.059.

B. Deng et al., “The effect of air/fuel ratio on the CO and NOx emissions for a twin-spark motorcycle gasoline engine under wide range of operating conditions,” Energy, vol. 169,pp. 1202–1213, Feb. 2019, doi: 10.1016/j.energy.2018.12.113.

D. Fernandez, “PENGARUH PUTARAN MESIN TERHADAP EMISI GAS BUANG HIDROKARBON (HC) DAN KARBON MONOKSIDA (CO),” 2009. Accessed: Feb. 19, 2021. [Online]. Available: http://images.soemarmo.multiply.com.

S. E. Gemilang and B. Sudarmanta, “KARAKTERISASI UNJUK KERJA MESIN DIESEL SISTEM DUAL FUEL BIODIESEL-SYNGAS HASIL GASIFIKASI MUNICIPAL SOLID WASTE DENGAN VARIASI AIR FUEL RATIO( AFR) MENGGUNAKAN BLOWER,” J. Tek. ITS, vol. 4, no. 1, 2015, Accessed: Feb. 19, 2021. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/316439409.

T. Sularto, “Pengaruh modifikasi diameter venturi dan pemasangan turbo cyclone terhadap daya mesin pada sepeda motor FIZR 2003,” Accessed: Feb. 19, 2021. [Online]. Available: https://digilib.uns.ac.id/dokumen/5179/Pengaruh-modifikasi-diameter-venturi-danpemasangan-turbo-cyclone-terhadap-daya-mesin-pada-sepeda-motor-FIZR-2003.

P. Balashanmugam, E. Elakiya, and S. Sharma, “PERFORMANCE ANALYSIS ON A TURBOCHARGED TWO WHEELER ENGINE,” 2013. Accessed: Sep. 24, 2020. [Online]. Available: http://www.ijerst.com/currentissue.php. [14] T. Tetsui, “Application of TiAl in a Turbocharger for Passenger Vehicles,” Adv. Eng. Mater., vol. 3, no. 5, pp. 307–310, May 2001, doi: 10.1002/1527- 2648(200105)3:5<307::AID-ADEM307>3.0.CO;2-3.

C. Aninditya and T. Sutrisno, “OPTIMASI DESAIN IMPELLER KOMPRESSOR PADA TURBOCHARGER TD04-12T UNTUK MESIN MITSUBISHI 4M40.”

H. Mahfudiyanto, A. Rijanto, and D. N. Zulfika, “PENGARUH TURBOCHARGER TERHADAP TEKANAN EFEKTIF RATA-RATA DAN BATAS ASAP PADA MITSUBISHI CANTER FE73 110PS,” vol. 2, pp. 134–140, 2020.

R. B. S. Majanasastra, “Pengaruh Variable Waktu ( Aging Heat Treatment ) Terhadap Peningkatan Kekerasan Permukaan Dan Struktur Mikro,” vol. 3, no. 2, pp. 87–101, 2015.

M. Yusron, “Analisa Termodinamika Pemasangan Turbocharger Pada Mesin Bensin Toyota Kijang Innova 2000CC Tipe 1l-4 Terhadap Unjuk Kerja Daya Mesin,” Mar. 2018, Accessed: Jan. 28, 2021. [Online]. Available: http://repositori.umsu.ac.id/xmlui/handle/123456789/1890.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.