Implementasi Line balancing pada Proses Produksi Baju Taqwa di UD. Sofi Garment

Muhammad Ridwan Basalamah, Hastari Nurazhra Azizah, Ulfiyatul Kholifah, Hastawati Chrisna Suroso

Abstract

Line balancing adalah suatu penugasan sejumlah pekerjaan ke dalam stasiun-stasiun kerja yang saling berkaitan dalam satu lintasan atau lini produksi. UD. Sofi Garment merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri garment yang memproduksi pakaian jadi. Pada UD. Sofi Garment terdapat 7 stasiun kerja yang di mana pada setiap stasiun kerja terdiri dari 1 operator. Selama pengerjaan berlangsung,sering terjadi masalah unbalance worlkloadseperti banyak sekali waktu menganggur pada beberapa operator, sementara terdapat pula operator yang terlalu sibuk. Dengan melihat hal tersebut perlu dilakukan perhitungan ulang pada jumlah stasiun kerja dan pemerataan beban kerja agar tidak terjadi waktu menganggur yang cukup berlebihan agar pekerjaan dapat lebih efektif dan efisien. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan menerapkan metode line balancing, dengan tujuan hasil implementasi line balancing ini dapat menghasilkan hasil yang optimal dan setiap stasiun kerja bekerja efektis dan efisiensi kerja yang baik. Hasil dari penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan jumlah stasiun kerja akan tetapi terdapat penyesuaian beban kerja.

Full Text:

PDF

References

Azwir, H. H., & Pratomo, H. W. (2017). Implementasi Line balancing untuk Peningkatan Efisiensi di Line Welding Studi Kasus : PT X. 6(1), 57–64.

Dharmayanti, I. (2019). Jurnal Manajemen Industri dan Logistik PERHITUNGAN EFEKTIFITAS LINTASAN PRODUKSI. 01, 43–54.

Fardiansyah, I., & Widodo, T. (2018). Peningkatan Produktivitas Menggunakan Metode Line balancing pada Proses Pengemasan di PT.XYZ. Journal Industrial Manufacturing, 3(1), 57–62.

Kasus, S., Xyz, P. T., Jend, J., Km, S., Jend, J., & Km, S. (2019). MENGGUNAKAN METODE LINE BALANCING. 4(2), 97–105.

Panudju, A. T., Panulisan, B. S., & Fajriati, E. (2018). ANALISIS PENERAPAN KONSEP PENYEIMBANGAN LINI ( LINE BALANCING ) DENGAN METODE RANKED POSITION WEIGHT ( RPW ) PADA SISTEM PRODUKSI PENYAMAKAN KULIT DI PT . TONG. 5(2).

Pt, W., Lima, C., Bandung, S. C.-, & Yulianti, D. (2018). ANALISA PENYEIMBANGAN LINTASAN PERAKITAN PADA PROSES PEMBUATAN T-SHIRT DI DEPARTEMEN ASSEMBLING DENGAN MENGGUNAKAN METODA HEGELSON - BIRNIE DAN METODA KILLBRIDGE –. 12(2), 13–20.

Setyawan, D., Soegiharto, S., Agus, J., Industri, J. T., Surabaya, U., & Kalirungkut, R. (2012). Perbaikan Sistem Produksi Dengan Metode Line balancing Pada Perusahaan Pembuat Mesin Pertanian PT Agrindo Di Gresik Di era globalisasi saat ini daya saing di dunia pabrik manufaktur semakin ketat , setiap perusahaan akan berusaha semaksimal mungkin untuk . 1(1), 1–15.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.