Pengaruh Variasi Matriks dan Orientasi Sudut Filler Karbon pada Polymer Matrix Composite terhadap Kekuatan Tarik dan Impact

M Habib Maulana, Vuri Ayu Setyowati

Abstract

Komposit merupakan suatu material yang terbentuk dari kombinasi dua atau lebih material sehingga dihasilkan material komposit yang mempunyai sifat mekanik dan karakteristik berbeda. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi matriks dan orientasi sudut filler karbonterhadap pengujian kekuatan tarik dan kekuatan impak. variasi orientasi sudut serat (+/- 45?,+/- 60? dan +/-  90?) dan Matrik yang digunakan yaitu polyester, epoxy, vinylesterdengan serat yang digunanakan yaitu seratcarbon.Semakin tinggi orientasi serat maka nilai tegangan tarik akan semakin besar di karenakan arah pembebanan serat di distribusikan secara merata oleh matriks pengikat.Peningkatan kekuatan tarik pada vinylester tersebut di sebabkan adanya bisphenol A pada vinylester sehingga semakin banyak gugus benzene yang berulang dalam material tersebut. Hasil kekuatan tarik tertinggi yaitu pada untuk nilai tertinggi didapatkan dari hasil sudut 90° dengan variasi matriks Vinylester dengan Carbon menghasilkan 165,53 MPa dan sedangkan untuk nilai terendah didapatkan dari sudut 60° dengan variasi matriks Polyester dengan Carbo nmenghasilkan 72,37 Mpa. Pada modulus elastisitas didapat nilai paling besar yaitu pada hasil orientasi sudut 90°. Hasil pada pengujian impak didapatkan dari hasil sudut 90° dengan variasi matriks Polyester dengan Carbon menghasilkan 10,6x10 J/mm2 sedangkan untuk nilai terendah didapatkan dari sudut 90° dengan variasi matriks Epoxy dengan Carbon menghasilkan 3,1x10 J/mm2.hasil tersebut menunjukkan bahwa arah serat tidak mampu menahan besarnya gaya pada arah transfersal dengan cekam alat uji impact.

Full Text:

PDF

References

X. Cao, integrated Analysis Of Low Prifile Unsaturated Polyester And Vinylester Resin Cured at Low Temperatures. USA: Ohio State University, 2002.

R. M. Jones, Mechanics of Composite Material. 1999.

Nurmalita, “Pengaruh Orientasi Serat Sabut Kelapa Dengan Resin,” pp. 1–3, 2010.

d suhdi, “analisa kekuatan mekanik komposit serat sabut kelapa (cocos nucifera) untuk pembiatan panel panjat tebing sesuai standart bsapi,” pp. 29–36, 2016.

sirait, “material komposit berbasis polimer,” 2010.

R. F. Gibson, Principle of composite material mechanic. New York: Mc Graw Hill International Book Company., 1994.

M. M. Schwartz, Composite Materials Handbook. New York: Mc. Graw - Hill Inc, 1984.

M. Kannginan, Fisika SMU Jilid 1 C. 2006.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.