Perancangan dan Analisis Sistem Pneumatik pada Kendaraan Hybrid Penggerak Motor Listrik dan Udara Bertekanan BED-18 Bayu Petir

Bambang Setyono, Firman Prastya Nugroho, Desmas Arifianto Patriawan, Hery Irawan, Ahmad Anas Arifin, Hasan Syafik Maulana

Abstract

Sistem pneumatik memiliki berperanan penting dalam pengembangan teknologi otomasi. Pada umumnya sistem otomasi pneumatik terdiri dari berbagai sumber daya, sinyal input, sinyal proses, sinyal kendali dan elemen output (aktuator). Pengembangan sistem pneumatik perlu untuk dilakukan, salah satunya merancang kendraan hybrid dengan penggerak pneumatik. Metodologi yang digunakan adalah membuat simulasi pneumatik dengan beban yang disesuaikan hasil rancang bangun kendaraan. Hasil yang didapatkan dari simulasi menjadi acuan untuk membuat sistem pneumatik pada kendaraan hybrid. Berdasarkan hasil perancangan sistem pneumatik pada kendaraan yang menggunakan sistem pneumatik menunjukkan bahwa kendaraan hibrid ini bisa menempuh 1,1 km menggunakan sistem pneumatik 2 tabung udara bertekanan 150 bar, kapasitas 2 tabung @ 13,4 liter, diperlukan dua silinder pneumatik double acting kapasitas udara yang dibutuhkan sebesar 0,592 liter/detik dengan 4 kali kerja.

Full Text:

PDF

References

L. Parinduri and Y. Yusmartato, “Kontribusi Konversi Mobil Konvensional Ke Mobil Listrik Dalam Penanggulangan Pemanasan Global,” JET (Journal Electr. Technol., vol. 03, no. 02, 2018, Accessed: Feb. 23, 2021. [Online]. Available: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/article/view/551.

D. G. B. Christanyo and I. N. Sutantra, “Sapujagad, Studi Eksperimen Kinerja Traksi Kendaraan Hybrid,” J. Tek. POMIT, vol. 1, no. 2, 2012.

B. Setyono, S. Ardianto, A. Noerpamoengkas, J. T. Mesin, T. Adhi, and T. Surabaya, PERANCANGAN DAN UJI PERFORMANSI SEPEDA KARGO HYBRID “E-CARGO BIKE,” vol. 0, no. 0. 2016.

B. Setyono and A. Hamid, “PENGARUH VARIASI BERAT PENGEMUDI TERHADAP PERANCANGAN KEKUATAN KONSTRUKSI RANGKA SEPEDA HYBRID TRISONA,” 2016. Accessed: Feb. 23, 2021. [Online]. Available: https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/prosidingsnast/article/view/1593.

A. Surapati, I. Priyadi, J. W. R. Supratman Kandang, and L. Bengkulu, “RANCANG BANGUN MOBIL HYBRID (TENAGA ANGIN DAN TENAGA SURYA) ZERO PULLUTION,” Dec. 2017. Accessed: Feb. 23, 2021. [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/1871.

A. Addala and S. Gangada, “FABRICATION AND TESTING OF COMPRESSED AIR CAR VISWANADHA INSTITUTE OF TECHNOLOGY AND MANAGEMENT,” Int. J. Adv. Res. Technol., vol. 1, no. 3, 2013, Accessed: Feb. 23, 2021. [Online]. Available: http://www.ijoar.org.

S. Verma, “Latest developments of a compressed air vehicle: A status report,” Glob. J. Res. Eng., 2013, Accessed: Feb. 23, 2021. [Online]. Available: http://engineeringresearch.org/index.php/GJRE/article/view/764.

S. Pathak and E. Al, “Compressed air vehicle: A review,” Int. J. Mech. Prod. Eng., pp. 9– 13, 2014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.