Analisis Pengendalian Kualitas Produk Roll Plastik dengan Metode Seven Tools Guna Mengurangi Kecacatan di PT.Samudra Gemilang Plastindo

Abdur Rahman, Andre Valiant Wirawan, Mochammad Bahril Ilmi Daviq Rofi'i, Thifali Dhiwangkara

Abstract

PT.Samudra Gemilang Plastindo merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang industry plastic. Produk yang dihasilkan dari PT.Samudra Gemilang Plastindo salah satunya adalah plastik. Salah satu proses pembuatan plastik akan melalui tahap dibagian mesin extruder, Pada proses produksi tersebut masih terdapat produk cacat yang ditemukan dan berakibat pada perusahaan yang mengalami kerugian. Penelitian bertujuan guna mengurangi kecacatan produk dan memberikan usulan perbaikan menggunakan metode seven tools. Seven tools terdiri dari check sheet, Diagram pareto, Peta kendali P, dan scatter Diagram. Hasil dari pengolahan data dengan Check sheet diperoleh 9 jenis defect yaitu Machine Directions , Nggaler , bordes , lemes , tebal tipis, warna, Dart Impact, Blirik , Tantion Directions. Berdasarkan diagram pareto prioritas perbaikan terhadap jenis defect yang dominan adalah jenis defect bordes dengan prosentase cacat terbesar 27.86%. Berdasarkan peta kendali P terdapat data yang keluar dari batas kontrol oleh sebab itu diberikan usulan. Berdasarkan scatter diagram menunjukkan bahwa tidak ada korelasi antara prosentase defect dengan total produksi berdasarkan analisa dari fishbone diagram penyebab terjadinya defect Produk adalah Man, Method, Machine, Material yang tesebut menuntut perusahaan untuk melakukan perbaikan dan pengembangan untuk mengurangi produk cacat sehingga dapat meningkatkan kualitas produk.

Full Text:

PDF

References

C. Gunawan, “IMPLEMENTASI PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN METODE STATISTIK PADA PROSES PRODUKSI PAKAIAN BAYI DI PT DEWI MURNI SOLO Kata kunci : Pengendalian Kualitas , Metode Statistik , Seven Tools,” vol. 3, no. 2, pp. 1–14, 2014.

H. J. Render B, “No Title,” in Operation Management, 10th ed., Jakarta: Gramedia, 2001.

G. V, “No Title,” in Total Quality Manajemen, Jakarta: Gramedia, 2001.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.