Kualitas Produksi pada Proses Pembulatan Herbal Facemask dengan Perbedaan Pemanfaatan Tenaga Manusia dan Teknologi

Hasan Syafik Maulana, Hery Irawan, Desmas Arifianto Patriawan, Ahmad Anas Arifin, Korrie Febryan, Moch Kiki Febrian

Abstract

Beberapa tahun ini, pemerintah Indonesia ingin meningkatkan terbentuknya UKM (Usaha Kecil Menengah) baru. Bahkan dalam situasi pandemic Covid-19 ini pemerintah juga menggelontorkan dana ke beberapa UKM agar tetap menjaga eksistensinya. Upaya pemerintah ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia itu sendiri. UD Halima adalah pelaku UKM yang bergerak di bidang obat-obatan khususnya di obat kecantikan herbal. Untuk membandingkan kualitas produk herbal facemask UD. Halimaa yang menggunakan proses pembulatan tenaga manusia dengan pembulatan menggunakan mesin pembulat dengan system putaran eksentrik, mka dilakukan analisa kualitas yang meliputi meliputi bentuk atau ukuran, berat, warna dan kadar pH dari produk tersebut. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas ukuran dan berat yang diperoleh jika menggunakan mesin pembulatan system putaran eksentrik memiliki nilai yang sesuai dengan standart yang diinginkan dan seragam dibanding kan dengan pembulatan menggunakan tenaga manusia. Dari segi warna produk dan nilai pH, tenaga manusia menghasilkan produk yang sesuai dengan standard yaitu sekitar 5.2 – 5.8, sedangkan jika menggunakan mesin pembulat maka nilai pHnya ada dibawah nilai standard yaitu sebesar 5.03,sehingga pada proses pembuatannya harus ditambah dengan zat penambah pH.

Full Text:

PDF

References

M. Beblo and L. Görges, "On the nature of nurture. The malleability of gender differences in work preferences," Journal of Economic Behavior & Organization, vol. 151, pp. 19-41, 2018/07/01/ 2018.

J. Gallus and S. Bhatia, "Gender, power and emotions in the collaborative production of knowledge: A large-scale analysis of Wikipedia editor conversations," Organizational Behavior and Human Decision Processes, vol. 160, pp. 115-130, 2020/09/01/ 2020.

D. A. PURWANDINI and I. IRWANSYAH, 2018, corporate communication; organizational communication; industry 4.0 p. 11, 2018-08-29 2018

L. Saragih, "IDENTIFIKASI DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP TENAGA KERJA TOKO RITEL INDONESIA: STUDI KASUS TOKO X," Journal Kependudukan Indonesia, vol. 14, no. 1, pp. 13-28, 2019.

V. Cirillo, M. Rinaldini, J. Staccioli, and M. E. Virgillito, "Technology vs. workers: the case of Italy’s Industry 4.0 factories," Structural Change and Economic Dynamics, vol. 56, pp. 166-183, 2021/03/01/ 2021.

B. Prasetyo, "REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN TANTANGAN PERUBAHAN SOSIAL," IPTEK Journal of Proceeding Series, vol. 5, pp. 22-27, 2018.

S. K. Dita Putri Anggraeni, . Sunarti, "PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN ( SURVEI PADA PELANGGAN NASI RAWON DI RUMAH MAKAN SAKINAH KOTA PASURUAN)," JURNAL ADMINISTRASI BISNIS, vol. 37, no. 1, pp. 171-177, 2016.

I. Sungkono, Hery, and D. Patriawan, "Analisis Desain Rangka Dan Penggerak Alat Pembulat Adonan Kosmetik Sistem Putaran Eksentrik Menggunakan Solidwork," Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan, vol. 7, pp. 575-580, 2019.

https://profoodmachines.com/. (2012, September 2). ME – 168 with DR – 138 Roundhing Machine.

http://chrisnaaromatherapy.blogspot.com/. (2016, 17 MARET). CHRISNA Aromatherapy Home and Spa Product.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.