Implementasi Six Sigma sebagai Pengendalian Kualitas Proses Pengelasan Replating Lambung Kapal KMP Nusa Sejahtera

Askabul Mas’amah, Suhartini Suhartini

Abstract

SBU Galangan Surya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang docking kapal. Permasalahan yang dihadapi perusahaan , bagaimana meningkatkan dan mempertahankan kualitas pelayanan agar dapat meminimasi pekerjaan yang tertunda dan menimbulkan kerugian bagi perusahaan terutama dalam skala besar. Penelitian ini menggunakan metode Six Sigma sebagai pendekatan improvement yang bertujuan untuk mencari dan mengeliminasi penyebab dari kesalahan atau defect yang terjadi. Tahapan yang digunakan yaitu tahapan DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve and Control). Pada tahap define diketahui bahwa terdapat 5 jenis CTQ pada proses pengelasan kapal. Kemudian pada tahap measure diketahui diagram pareto yang paling tertinggi yaitu pada jenis cacat voids sebesar 30% dengan data atribut menggunakan peta kendali control chart yang datanya sudah di dalam batas kendali yang ditentukan. Nilai DPMO didapatkan sebesar 68.620 dan nilai sigma sebesar 2,9. Kemudian dilakukan tahap analisa untuk dilakukan analisis menggunakan diagram fishbone. Setelah diketahui akar permasalahan dilakukan usulan perbaikan menggunakan FMEA guna memperbaiki dan mengurangi defect yang terjadi pada saat proses pengelasan replating lambung kapal.

Full Text:

PDF

References

J. Rekayasa and I. T. Industri, “Jurnal rekavasi,” vol. 3, no. 1, 2015.

S. Aisyah, “Implementasi Failure Mode Effect Analysis (FMEA) dan Fuzzy Logic Sebagai Program Pengendalian Kualitas PT Svenska Kugellahar Fabricen (SKF) Indonesia,” vol. 4, no. 2, pp. 1–14.

E. Suprianto, P. S. Teknik, M. Pembekalan, F. Teknik, and U. N. Bandung, “Pengendalian Kualitas Produksi Menggunakan Alat Bantu Statistik ( Seven Tools ) Dalam Upaya Menekan Tingkat Kerusakan Produk,” vol. 6, no. 2, pp. 10–18, 2016.

I. Wulandari, “Penerapan Metode Pengendalian Kualitas Six Sigma pada Heyjacker Company,” vol. 4988, pp. 222–241.

R. Ekawati et al., “Analisa Pengendalian Kualitas Produk Horn PT. MI Menggunakan Six Sigma,” vol. 3, no. 1, pp. 32–38, 2017.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.