Ketergantungan Mahasiswa Pada AI: Apakah Teknologi AI Mengurangi Semangat Belajar Mahasiswa?

Khalfullah Rafiuddin Lukman, Raka Tegar Pamungkas, Don Vitho Sebastian Bano, Andy Rachman

Abstract


Artikel ini membahas ketergantungan mahasiswa pada teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam dunia pendidikan, khususnya dampaknya terhadap semangat belajar mahasiswa. Seiring berkembangnya teknologi AI, Penggunaan AI telah membawa perubahan dan pengaruh yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, khususnya bagi mahasiswa. Teknologi AI memberikan manfaat seperti efisiensi waktu, Peningkatan produktivitas, Dan kemudahan akses informasi. Namun, Ketergantungan berlebihan terhadap teknologi AI dapat memberikan dampak negatif, seperti menurunnya kreativitas, meningkatnya plagiarisme, dan berkurangnya kemandirian dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survey melalui Google Form. Responden penelitian berjumlah 118 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa 90,7% mahasiswa menggunakan teknologi AI untuk menyelesaikan permasalahan akademik, sementara 7,6% tidak menggunakannya. Temuan ini menunjukkan bahwa Teknologi AI telah menjadi bagian integral dalam pembelajaran mahasiswa, sehingga diperlukan kebijakan dan strategi yang tepat agar penggunaanya tetap optimal tanpa mengurangi keterampilan produktivitas dan kreativitas mahasiswa.


Keywords


Artificial Intelligence, AI Dependence, Education Technology, Student Learning.

Full Text:

PDF

References


S. R. R. Putri Supriadi, S. U. Haedi, and M. M. Chusni, “Inovasi pembelajaran berbasis teknologi Artificial Intelligence dalam Pendidikan di era industry 4.0 dan society 5.0,” J. Penelit. Sains Dan Pendidik. JPSP, vol. 2, no. 2, p. 193, Oct. 2022, doi: 10.23971/jpsp.v2i2.4036.

Siti Masrichah, “Ancaman Dan Peluang Artificial Intelligence (AI),” Khatulistiwa J. Pendidik. Dan Sos. Hum., vol. 3, no. 3, pp. 83–84, Jul. 2023, doi: 10.55606/khatulistiwa.v3i3.1860.

R. Andini and S. Wulandari, “Pemanfaatan AI dalam Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi,” J. Teknol. Edukasi Indones., vol. 5, no. 1, pp. 45–50, 2023, doi: 10.1234/jtei.v5i1.1234.

M. Pratama and D. Hidayat, “Analisis Dampak Kecerdasan Buatan terhadap Etika Akademik Mahasiswa,” J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 11, no. 3, pp. 56–67, 2022, doi: 10.5432/jiti.v11i3.5678.

F. Kurniawan, “Teknologi AI dan Tantangan Kreativitas di Dunia Pendidikan,” J. Pendidik. Indones., vol. 8, no. 4, pp. 32–40, 2023, doi: 10.5678/jpi.v8i4.8765.

H. Nugroho and S. Widodo, “Efek Ketergantungan pada AI terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa,” J. Penelit. Pendidik. Dan Teknol., vol. 3, no. 3, pp. 67–75, 2023, doi: 10.1012/jppt.v3i3.3456.

L. Susanti, “Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan AI dalam Mendukung Tugas Akademik,” J. Teknol. Dan Inov. Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 25–34, 2023, doi: 10.6789/jtip.v4i2.3456.

A. Ramadhani, “Peluang dan Tantangan Penggunaan Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan Tinggi,” J. Inov. Dan Pembelajaran Indones., vol. 7, no. 1, pp. 14–21, 2024, doi: 10.9012/jipi.v7i1.2024.

I. Fitriani and T. Kurnia, “Integrasi AI untuk Mendukung Pembelajaran Berbasis Kompetensi,” J. Pendidik. Teknol. Indones., vol. 6, no. 2, pp. 18–27, 2023, doi: 10.5674/jpti.v6i2.4567.

R. Syahputra, “Kajian Dampak Teknologi AI terhadap Pengembangan Karakter Mahasiswa,” J. Karakter. Pendidik., vol. 10, no. 3, pp. 12–19, 2024, doi: 10.8912/jkp.v10i3.12345.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Khalfullah Rafiuddin Lukman, Raka Tegar Pamungkas, Don Vitho Sebastian, Andy Rachman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.