Perbandingan UEQ Server GTA 5 Roleplay Sanjana dan Kotabaru dalam Stabilitas dan Kepuasan Pemain

Bangun Nagrianto Putra, Eka Bagus Surya, Zidan Marvin Brilian Dhini, Andy Rachman

Abstract


Pada penelitian ini, kami membandingkan pengalaman pemain pada dua server di GTA 5 Roleplay, yaitu Sanjana dan Kotabaru, menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). UEQ adalah alat evaluasi yang dirancang untuk mengukur pengalaman pemain berdasarkan enam skala utama: daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan. Penelitian ini melibatkan para pemain aktif dari kedua server yang memberikan umpan balik mengenai pengalaman bermain mereka melalui kuesioner. Hasil skor pada server Kotabaru menunjukkan nilai rata-rata pada daya tarik (1,830), kejelasan (1,888), efisiensi (1,853), ketepatan (1,571), stimulasi (1,734), dan kebaruan (1,714), sedangkan hasil skor pada server Sanjana menunjukkan nilai rata-rata pada daya tarik (1,441), kejelasan (1,527), efisiensi (1,493), ketepatan (1,378), stimulasi (1,493), dan kebaruan (1,270). Analisis data mengungkapkan adanya perbedaan signifikan pada beberapa aspek pengalaman, yang memberikan gambaran mengenai keunggulan dan kekurangan dari masing-masing server. Selain itu, hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana elemen desain dan interaksi server memengaruhi pengalaman bermain secara keseluruhan. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pengelola server dalam meningkatkan kualitas layanan mereka ke depannya, serta berkontribusi pada terciptanya pengalaman bermain yang lebih menarik dan memuaskan bagi komunitas di server Sanjana dan Kotabaru.

Keywords


Grand Theft Auto 5; Kotabaru; Sanjana; User Experience Questionnaire

Full Text:

PDF

References


G. Irwandika, G. D. A. Wicaksana and N. L. D. Cahyani, "Variasi Bahasa Oleh Warga Kota Ministry of Roleplay (MORP) Indonesia Pada Game Grand Theft Auto V," Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMNALISA) 2021, vol. I, no. 2021, pp. 251-258, 2021.

H. B. Santoso, M. Schrepp, R. Y. K. Isal, A. Y. Utomo, and B. Priyogi, “Measuring User Experience of the Student-Centered e-Learning Environment,” J. Educ. Online, vol. 13, no. 1, pp. 58–79, 2016.

E. Stephanie, “Slovin’s Formula Sampling Techniques,” Sciencing, no. 2020, 2020.

Schrepp, M. “User Experience Questionnaire Handbook”. Germany. 2019.

M. H. Rahman, E. M. A. Jonemaro and W. S. Wardhono, "Evaluasi User Experience pada Game Grand Theft Auto (GTA) V Online menggunakan Cognitive Walkthrough," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 10, pp. 4478-4485, 2021.

B. Febriadi and N. Nasution, “Sosialisasi Dan Pelatihan Aplikasi Google Form Sebagai Kuisioner Online Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan,” INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 2, no. 1, p. 68, Jun. 2017, doi: 10.35314/isi.v2i1.119.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Bangun Nagrianto Putra, Eka Bagus Surya, Zidan Marvin Brilian Dhini, Andy Rachman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.