Analisis Kinerja dan Pengalaman Pengguna pada Game Deduksi Sosial Multiplayer Online

Danang Kusuma, Sugiyanto Sugiyanto, Rinci Kembang Hapsari

Abstract


Game deduksi sosial adalah genre yang menekankan strategi, komunikasi, dan pengambilan keputusan dalam lingkungan multipemain. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi indikator kinerja utama (KPI) dari game deduksi sosial terpilih seperti Among Us, Goose Goose Duck, Suspects: Mystery Mansion, dan lainnya. Menggunakan metrik seperti tingkat keberhasilan autentikasi, waktu matchmaking, tingkat penyelesaian tugas, dan stabilitas sesi, penelitian ini mengeksplorasi mekanisme permainan, kinerja teknis, dan keterlibatan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan keunggulan seperti frekuensi interaksi yang tinggi dan penggunaan peran yang seimbang, serta area yang perlu ditingkatkan seperti keberhasilan rekoneksi dan fungsionalitas lintas platform. Analisis ini memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti bagi pengembang untuk meningkatkan pengalaman pemain dan kualitas gameplay.

Keywords


Pengujian Perangkat Lunak; Permainan Deduksi Sosial; Permainan multi-pemain daring;

Full Text:

PDF

References


Rahayu, Annisa. (2023). Perkembangan Industri Game Dunia, 48% Pemainnya Berasal dari Asia-Pasifik. Diambil dari https://goodstats.id/article/perkembangan-industri-game-dunia-48-pemainnya-berasal-dari-asia-pasifik-mLVOw

Wibisono, Julian Abednego. (2022) STRATEGI PRESENTASI DIRI UNTUK MENJADI PEMAIN KREDIBEL DALAM PERMAINAN AMONG US. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

Buddhiraju, Ankit. (2020). On Games, Part 2: Social Deduction Games. Diambil dari https://medium.com/theuglymonster/on-games-part-2-social-deduction-games-cf4212740a92

Kusumawardani, Syahrul Perdana. (2015). Game Online Sebagai Pola Perilaku (Studi Deskriptif Tentang Interaksi Sosial Gamers Clash Of Clans Pada Clan Indo Spirit). AntroUnairdotNet, Vol.IV/No.2/Juli 2015.

Nurfitriya, Alfi, Tri Cahyo Kusumandyoko. (2021). ANALISIS USER EXPERIENCE PADA GAME AMONG US DENGAN MENGGUNAKAN GAME-DESIGN FACTORS QUESTIONNAIRE. Jurnal Barik, Vol. 2 No.3, Tahun 2021,148-162.

Amalia, Marisa Nurril, Dona Aji Karunia Putra. (2024). Pengaruh Game Super Sus Terhadap Pemerolehan Aspek Sintaksis Pada Anak Usia 9 Tahun. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Volume 2, Nomor 6, July 2024, Halaman 298-301.

Lambdatest. (2023). Performance Indicators: KPI Examples and Key Points. Diambil dari https://www.lambdatest.com/learning-hub/key-performance-indicators

LambdaTest. (2023). Game Testing Tutorial: A Comprehensive Guide With Best Practices And Examples. Diambil dari https://www.lambdatest.com/learning-hub/game-testing

Zenn, Jacqueline. (2017). 50+ KPIs to Measure Your Mobile Game or App. Diambil dari https://gameanalytics.com/blog/50-kpi-measure-mobile-game-app/

Plarium. (2021). Why it’s important for QA Engineers to know about game KPIs. Diambil dari https://company.plarium.com/en/articles/why-its-important-for-qa-engineers-to-know-about-game-kpis/

Cahyadi, Ryan Arif Noor, dkk. (2023). Trash Talking pada Game Super-Sus dan Cara Penanggulangannya. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi | Vol. VIII, No. 2, Th 2023.

Wildlife Studio. (2024). Suspects. Diambil dari https://wildlifestudios.com/games/suspects/.

Gaggle Studios. Goose Goose Duck. (2024). Diambil dari https://gaggle.fun/goose-goose-duck.

Betrayal.io. (2024). Betrayal a Party Adventure. Diambil dari https://betrayal.io/.

Blank Media Games. (2024). Town of Salem a game of murder, deception, lying and mob hysteria. Diambil dari https://www.blankmediagames.com/.

Project Winter. (2024). Project Winter – About the Game. Diambil dari https://projectwinter.co/about.html.

Windwalk Games. (2024). Enemy on Board. Diambil dari https://store.steampowered.com/app/999860/Enemy_On_Board/.

Dinh, Tuan Anh. (2020). VISUAL AESTHETICS IN PROCEDURALLY GENERATED ENVIRONMENT DESIGN Creation of explorable locations in Barotrauma. Bachelor’s thesis Degree programme in Game Design South-Eastern Finland University of Applied Sciences.

Space Station 13. (2024). Space Station 13. Diambil dari https://spacestation13.com/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Danang Kusuma, Sugiyanto, dan Rinci Kembang Hapsari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.