Sistem Informasi Registrasi Keluar Masuk Tamu Berbasis Web BRIN Kecamatan Sukolilo Menggunakan Model Waterfall

Gregorius Gambut, Adrian Yanuar Rizqi, Rinci Kembang Hapsari

Abstract


Perkembangan teknologi informasi telah memberikan dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk pengelolaan data dan keamanan. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Sukolilo di Kota Surabaya masih mengandalkan metode manual dalam mencatat data tamu, yang sering kali lambat, rentan terhadap kesalahan, dan sulit untuk dilacak. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini bertujuan mengembangkan Sistem Informasi Registrasi Keluar Masuk Tamu berbasis web di BRIN Sukolilo. Sistem ini dirancang untuk mengotomatisasi proses pencatatan data tamu, meningkatkan efisiensi dan keamanan pengelolaan data, serta mempercepat pembuatan laporan pengunjung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi langsung, wawancara dengan petugas, dan studi pustaka. Hasil dari implementasi sistem ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam efisiensi dan akurasi pencatatan data tamu. Sistem ini juga membantu menghindari antrian panjang dan mengurangi kesalahan manusia dalam proses pencatatan. Dengan adanya sistem informasi ini, BRIN Sukolilo dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada tamu mereka dan terus berkontribusi dalam penelitian dan inovasi di Indonesia dengan efisiensi dan keamanan yang lebih baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem informasi berbasis web ini sangat efektif dalam mengelola data tamu dan meningkatkan pelayanan di BRIN Sukolilo.


Keywords


Berbasis Web; Laporan Pengunjung; Model; Sistem Informasi; Waterfall

Full Text:

PDF

References


M. Danuri, “PERKEMBANGAN DAN TRANSFORMASI TEKNOLOGI DIGITAL,” 2019.

Muhammad Fauzan Amri, Muhammad Arya Bintana, M. Aisyaroh, and Fauziah Dechfina, “Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Calon Badan Eksekutif Mahasiswa Berbasis Web,” JUKTISI, vol. 2, no. 3, pp. 460–468, Feb. 2024, doi: 10.62712/juktisi.v2i3.97.

R. Basatha, D. S. O. Soedargo, T. Rahmawati, and Y. E. Oktian, “Pengembangan Aplikasi Buku Tamu Berbasis Web pada SD XYZ,” Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, vol. 3, no. 7, pp. 279–288, Aug. 2023, doi: 10.52436/1.jpti.312.

R.F. Adinata, A.S Barafi, and R.K. Hapsari, “Game Pengenalan Tata Letak Rak Toko dengan Menggunakan Model Incremental”, Prosiding Seminar Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol 1, No. 2, Agustus 2022

Sajid Ahmed, “Comparative Analysis of Software Process Models in Software Development,” IJATCSE, vol. 10, no. 3, pp. 2593–2599, 2021, doi: 10.30534/ijatcse/2021/1521032021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Gregorius Gambut, Adrian Yanuar Rizqi, Rinci Kembang Hapsari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.