Rancang Bangun Website UMKM Seblak Mama Keyla Menggunakan Model Waterfall

Dendi Satryo Prabowo, Naasa Kholid Dzikri, Moh. Ari Nurhuda Aprilyansah, Andy Rachman

Abstract


UMKM Seblak Mama Keyla merupakan usaha mikro kecil dan menengah yang bergerak di bidang kuliner, khususnya memproduksi dan menjual seblak, makanan khas Bandung yang terkenal dengan cita rasa pedas dan gurih. Namun, dalam menghadapi era digital saat ini, Seblak Mama Keyla mengalami beberapa kendala dalam pengelolaan stok, transaksi penjualan, dan pemesanan online yang efektif. Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun website bagi UMKM Seblak Mama Keyla dengan menggunakan model Waterfall. Model Waterfall dipilih karena sifatnya yang terstruktur dan sistematis, memungkinkan setiap tahapan dalam pengembangan website, mulai dari analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, hingga pemeliharaan, dapat dilaksanakan secara berurutan dan terkontrol. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah website yang dirancang untuk meningkatkan pengelolaan stok, mempermudah transaksi penjualan, dan menyediakan fasilitas pemesanan online yang lebih efisien. Website ini juga dirancang agar intuitif dan user-friendly, dengan fitur-fitur yang relevan untuk mendukung operasional dan pemasaran Seblak Mama Keyla. Dengan adanya website ini, diharapkan Seblak Mama Keyla dapat meningkatkan efisiensi operasional, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam mengadopsi teknologi digital untuk pengembangan UMKM, khususnya di sektor kuliner, serta memberikan solusi praktis bagi UMKM lain yang menghadapi tantangan serupa.


Keywords


Algoritma big data; Sistem otomatis; Sistem pendukung keputusan

Full Text:

PDF

References


S. Khadafi, A. Salim, R. Prabowo, dan Choirul Anam, and I. Teknologi Adhi Tama Surabaya, “Rancang Bangun Website UKM Reviora Tanggulangin Sidoarjo Menggunakan Metode Waterfall Sebagai Media Pemasaran Online.” [Online]. Available: http://diskopukm.jatimprov.go.id,

J. Hendrawan, I. D. Perwitasari, and M. Ramadhani, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI UKM PANCA BUDI BERBASIS WEBSITE DESIGN OF INFORMATION SYSTEM UKM PANCA BUDI BASED ON WEB,” Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), vol. 3, no. 1, 2020.

K. Suparman and A. Triayudi, “Rancang Bangun Marketplace pada UMKM Terimbas Pandemi Covid-19 menggunakan Metodologi Pengembangan Waterfall dan Metode FIFO,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), vol. 6, no. 1, p. 2022, 2022, doi: 10.35870/jti.

L. Himmawan, “ABSTRACT FORMULATION STRATEGY FOR THE BUSINESS DEVELOPMENT OF SEBLAK SEUHAH A SMALL MEDIUM ENTREPRISE IN MALANG.”

L. Sriwidya Lafu, “IMPLEMENTASI SISTEM PENJUALAN ONLINE BERBASIS E-COMMERCE PADA USAHA UKM IKE SUTI MENGGUNAKAN METODE WATERFALL IMPLEMENTATION OF ONLINE SALES SYSTEM BASED ON E-COMMERCE IN UKM BUSINESSES IKE SUTI USING THE WATERFALL METHOD,” 2021.

D. Purwaningtias, D. Risdiansyah, M. S. Maulana, and A. Sasongko, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Kue Kota Pontianak Menggunakan Metode Waterfall,” Building of Informatics, Technology and Science (BITS), vol. 3, no. 3, pp. 405–411, Dec. 2021, doi: 10.47065/bits.v3i3.1037.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dandy Satryo Prabowo, Naasa Kholid Dzikri, Moh Ari Nurhuda Aprilyansah, dan Andy Rachman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.