Studi dan Pengembangan Website Pendataan Alat Pemfilteran Air menggunakan Framework Laravel untuk CV. Oasistech Indokarya dengan Metode Waterfall

Exacta Bunayya Aldero, Ari Sandi Nugroho, Yardan Safir, Hendro Nugroho

Abstract


Penelitian ini mengembangkan sebuah website pendataan alat pemfilteran air untuk CV. Oasistech Indokarya menggunakan framework Laravel dengan metode pengembangan Waterfall. Website ini dirancang untuk mengelola data alat pemfilteran air secara efektif, mendukung operasional perusahaan, dan mempermudah pengambilan keputusan. Metode Waterfall dipilih karena pendekatannya yang terstruktur dan sistematis, meliputi tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan framework Laravel dan metode Waterfall berhasil menghasilkan sistem yang fungsional dan efisien, meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi kesalahan dalam pendataan, serta mempermudah akses dan pengelolaan data alat pemfilteran air. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan teknologi informasi di bidang pengolahan air dan dapat menjadi referensi bagi perusahaan lain yang menghadapi tantangan serupa.

Keywords


Pendataan, Alat Pemfilteran Air, Framework Laravel, Metode Waterfall, Efisiensi Operasional

Full Text:

PDF

References


S. Nasional Seri and M. Masyarakat Madani Dan Lestari, Prosiding Penelitian. [Online]. Available: www.dppm.uii.ac.id

F. Sahrul, S. Kom, M. Eng, M. A. Safi’ie, S. Si, and O. Decroly, “‘TRANSFORMASI Jurnal Informasi & Pengembangan Iptek’(STMIK BINA PATRIA ) IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL,” 2016.

st Elvis Pawan et al., “Using Waterfall Method to Design Information System of SPMI STIMIK Sepuluh Nopember Jayapura,” 2021. [Online]. Available: https://ijcis.net/index.php/ijcis/index

P. S. Hasugian, “PERANCANGAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN INFORMASI,” 2018.

T. Hesterberg et al., “BOOTSTRAP METHODS AND PERMUTATION TESTS BOOTSTRAP METHODS AND PERMUTATION TESTS COMPANION CHAPTER 18 TO THE PRACTICE OF BUSINESS STATISTICS.”

Steve. Suehring, MySQL bible. Wiley Pub, 2002.

A. Solichin and S. Kom, “Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL.” [Online]. Available: http://achmatim.net


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Exacta Bunayya Aldero, Ari Sandi Nugroho, Yardan Safir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.