Rancang Bangun Website Kedai Rejo Menggunakan Metode Waterfall

Breyvo Reydinho Lumwartono, Achmad Anang Firmansyah, Rahmat Dwi Maulana, Tutuk Indriyani

Abstract


Di era modern ini, teknologi menjadi aspek penting yang mempengaruhi aktivitas dan perilaku masyarakat. Internet sering digunakan sebagai media alternatif untuk menjalankan usaha dan bisnis, dengan teknologi informasi yang berperan signifikan dalam meningkatkan efisiensi bisnis. Sektor pemasaran, khususnya dalam transaksi jual beli, membutuhkan kecepatan dan integrasi sistem informasi yang baik. Usaha food and beverage, seperti kedai kopi, menjadi populer dan digemari terutama oleh kalangan milenial sebagai tempat sosialisasi. Kedai Kopi Rejo, sebuah UMKM di bidang kopi, masih menggunakan sistem manual dalam pencatatan penjualan yang sering kali menyebabkan kesalahan dan kurang efektif. Untuk mengatasi masalah ini, penulis merancang website Kedai Rejo yang bertujuan meningkatkan pengelolaan stok, transaksi penjualan, dan memudahkan pemesanan online. Diharapkan website ini dapat meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan. Pengembangan website dilakukan dengan metode Waterfall yang meliputi analisis, desain, pengodean, pengujian, dan tahap pendukung. Dengan website yang intuitif dan user-friendly, serta fitur-fitur yang relevan, diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan operasional dan pemasaran Kedai Rejo.

Keywords


Algoritma big data; Sistem otomatis; Sistem pendukung keputusan

Full Text:

PDF

References


F. Marisa and T. G. Yuarita, “PERANCANGAN APLIKASI POINT OF SALES (POS) BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE SIKLUS HIDUP PENGEMBANGAN SISTEM,” Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, vol. 3, no. 2, 2017, doi: 10.26905/jtmi.v3i2.1514.

J. Sains, D. Teknologi, G. Pamungkas, and H. Yuliansyah, “RANCANG BANGUN APLIKASI ANDROID POS (POINT OF SALE) KAFE UNTUK KASIR PORTABLE DAN BLUETOOTH PRINTER,” 2017.

H. Nur, “Penggunaan Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan,” Generation Journal, vol. 3, no. 1, 2019, doi: 10.29407/gj.v3i1.12642.

R. D. Nurazizi, “Kedai Kopi dan Gaya Hidup Konsumen (Analisis Simulacrum Jean P Baudrillard tentang Gaya Hidup Ngopi di Excelso),” Jurnal Penelitian Ilmiah, 2013.

M. Susilo and R. Kurniati, “RANCANG BANGUN WEBSITE TOKO ONLINE MENGGUNAKAN METODE WATERFALL,” 2018.

O. Fitria, N. Hasanah, M. Pd, and R. S. Untari, BUKU AJAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK Diterbitkan oleh UMSIDA PRESS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Breyvo Reydinho Lumwartono, Achmad Anang Firmansyah, Rahmat Dwi Maulana, dan Tutuk Indriyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.