Rancang Bangun Aplikasi Surat-Menyurat Program Studi Teknik Informatika ITATS

Mohamad Raihan Farras, Bethelsando Gemilang Wahyudi, Danu Septi Adi, Gusti Eka Yuliastuti

Abstract


Pada era digitalisasi saat ini, pengelolaan surat-menyurat secara manual masih menjadi kendala di banyak institusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi surat-menyurat yang dapat digunakan oleh Program Studi Teknik Informatika ITATS guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pengiriman dan penyimpanan surat. Metode pengembangan SDLC waterfall digunakan dalam penelitian ini untuk memastikan langkah-langkah yang terstruktur dan sistematis. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dengan sekretaris prodi Teknik Informatika ITATS, observasi surat dan dokumen, serta studi literatur. Analisis data mengidentifikasi masalah dalam proses surat-menyurat, termasuk kurangnya dokumentasi yang baik, risiko kehilangan surat, dan kesulitan melacak pengirim dan penerima surat. Berdasarkan analisis kebutuhan, dirancanglah sebuah aplikasi surat-menyurat yang mencakup fitur pengajuan surat, penerimaan surat, penyiaran surat, dan riwayat surat. Pengembangan aplikasi dilakukan dengan menggunakan framework Laravel dan database untuk menyimpan data surat. Pengujian dilakukan melalui pengujian integrasi untuk memastikan komponen-komponen aplikasi dapat berinteraksi dengan baik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi surat-menyurat ini memenuhi harapan pengguna dalam hal pengiriman surat, penerimaan surat, dan riwayat surat. Dengan menggunakan aplikasi ini, diharapkan Program Studi Teknik Informatika ITATS dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam proses surat-menyurat. Aplikasi ini juga memberikan solusi praktis dalam pengelolaan surat dan dokumen, serta meningkatkan transparansi dan kemudahan dalam melacak dan mencari informasi terkait surat. Penggunaan metode SDLC waterfall dalam pengembangan aplikasi memastikan tahapan-tahapan yang terurut dan terdokumentasi dengan baik.


Keywords


efektivitas; efisiensi; pengembangan; SDLC waterfall; surat-menyurat

Full Text:

PDF

References


H. Syahputra, “SISTEM SURAT-MENYURAT BERBASIS WEB DI KANTOR DESA BALE MUSARA,” 2022.

R. Arifin et al., “Inspiration : Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi PENGELOLAAN SURAT MENYURAT PADA KANTOR BALAI LATIHAN MASYARAKAT MAKASSAR BERBASIS WEB”, doi: http://dx.doi.org/10.35585/inspir.v10i1.2555.

K. O. Sanjaya, I. Gede, B. Subawa, I. Kadek, and A. Asmarajaya, “Perancangan Sistem Informasi Surat Menyurat Terintegrasi (SUMATRI) Berbasis Website dan Android,” 2020.

A. D. Hardiansyah, D. C. Nugrahaeni, P. Dewi, and M. Kom, PERANCANGAN BASIS DATA SISTEM INFORMASI PERWIRA TUGAS BELAJAR (SIPATUBEL) PADA KEMENTERIAN PERTAHANAN. 2020. Accessed: Jun. 10, 2023. [Online]. Available: https://conference.upnvj.ac.id/index.php/senamika/article/view/529

A. Irma, K. Wardani, and A. I. Nurhidayat, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI RAPORT ONLINE BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL,” Dec. 2019. Accessed: Jun. 10, 2023. [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/31271


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mohamad Raihan Farras, Bethelsando Gemilang Wahyudi, Danu Septi Adi, Gusti Eka Yuliastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.