Rancang Bangun Aplikasi Pengolah Data Lembur Pegawai Di Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya Berbasis Web

Andyka Putra, Hery Suseno, Nanang Fakhrur Rozi

Abstract


Di lingkungan kerja Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya, pengelolaan data lembur pegawai saat ini masih dilakukan secara konvensional dengan menggunakan berkas fisik. Hal ini mengakibatkan tumpukan berkas yang perlu diverifikasi secara manual, sehingga proses rekapitulasi data lembur menjadi lambat dan rentan terhadap kesalahan manusia. Oleh karena itu, diperlukan sebuah solusi yang efisien dan terkomputerisasi untuk mengatasi masalah ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan mengembangkan aplikasi pengelola data lembur berbasis web menggunakan bahasa pemrograman PHP. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah aplikasi yang dapat membantu proses pengelolaan data lembur menjadi lebih terstruktur, akurat, dan terotomatisasi. Selain itu, penggunaan aplikasi ini juga diharapkan dapat mengurangi tumpukan berkas fisik, mengurangi waktu yang diperlukan untuk memverifikasi dan merekap data lembur, sehingga meningkatkan produktivitas dan efektivitas kerja di Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya

Keywords


Aplikasi; Lembur; PHP;

Full Text:

PDF

References


M. Y. H. Setyawan dan A. S. Munari, Panduan Lengkap Membangun Sistem Monitoring Kinerja Mahasiswa Internship Berbasis Web Dan Global Positioning System. Kreatif Industri Nusantara, 2020.

Y. Yudhanto dan H. A. Prasetyo, Mudah Menguasai Framework Laravel. Elex Media Komputindo, 2019.

D. Endaru, “Lembur: Pengertian, Jenis, dan Contoh Perhitungannya di Perusahaan -,” Jojonomic | Aplikasi HRIS, Human Capital & Expense Management, 16 Februari 2021. https://www.jojonomic.com/blog/lembur/ (diakses 13 Juni 2023).

A. Anggi, “Pengertian Arsip dan Berbagai Jenisnya - Accurate Online,” 4 November 2020. https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-arsip/ (diakses 13 Juni 2023).

M. F. Surur, “Pengelolaan Arsip Elektronik,” 30 Juni 2021. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-kaltim/baca-artikel/14030/Pengelolaan-Arsip-Elektronik.html (diakses 22 Maret 2023).

D. Ginting, SUPERVISOR 4.0: Essential Points. Desmon Ginting Academy, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andyka Putra, Hery Suseno, Nanang Fakhrur Rozi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.