Implementasi Barcode Scanner Berbasis Android untuk Otomatisasi Stock Opname pada Library Management System (LMS) di Perpustakaan Muhammad Yusuf Ahmadi Tanjungpinang

Danandjaya Saputra, Tommy Wijaya Putra

Abstract


Stock opname adalah kegiatan pemeriksaan fisik terhadap semua buku yang terdata dalam suatu perpustakaan dengan cara membandingkan seluruh koleksi literatur yang ada pada perpustakaan saat ini dengan jumlah koleksi literatur yang tercatat pada database. Pendataan ini berguna untuk mengetahui jumlah buku yang ada dan jumlah buku yang hilang atau masih di pinjam. Library Management System (LMS) milik Perpustakaan Muhammad Yusuf Ahmadi adalah aplikasi berbasis web untuk memenuhi kebutuhan automasi perpustakaan sehingga dapat memudahkan perpustakaan dalam mengelola koleksi literatur yang ada. Namun sayangnya LMS tersebut belum mendukung modul atau fitur stock opname bahan koleksi. Sehingga Perpustakaan Muhammad Yusuf Ahmadi dalam melakukan kegiatan stock opname masih secara manual menggunakan bantuan software Microsoft Excel. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan membuat aplikasi barcode scanner pada mobile device berbasis sistem operasi Android. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan Flutter, serta dibangun web service sebagai backend untuk menghubungkan data antara aplikasi Android dengan database LMS. Penelitian ini menghasilkan aplikasi barcode scanner berbasis Android yang dapat mempermudah dan mempercepat proses stock opname pada LMS di Perpustakaan Muhammad Yusuf Ahmadi.

Keywords


stock opname; library; application; web service; flutter

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, E.Y. Pengantar Sistem Informasi. Andi Offset. 2017. Yogyakarta.

Budi Raharjo. Pemrograman Android Dengan Flutter. Informatika. 2019. Bandung.

Hazem Awni. A n Intelligent Tutoring System For Learning Android Applications UI Development. IJEAIS. 2,1-14. 2018.

Peraturan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Kebijakan Pengembangan Koleksi Perpustakaan Nasional. [Online] Tersedia di: https://jdih.perpusnas.go.id

R Rodin. Pustakawan Profesional Di Era Digital. Suluh Media. 2017. Yogyakarta.

Rohmah, N. Aryadita, H. Brata, A.H. Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Pada Perpustakaan Kecamatan Bungah. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.e-ISSN: 2548-964 Vol. 3 No. 3. 2019.

Wayangkau, Izak Habel. Pemanfaatan Teknologi Barcode Dalam Pembuatan Aplikasi Sistem Kehadiran Karyawan Pada Kantor Lpp Rri Regional Merauke. Merauke: Jurnal Ilmiah Mustek Anim Ha. Vol. 6, No.1. 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 DANANDJAYA SAPUTRA, TOMMY WIJAYA PUTRA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.