Analisa Kepuasan Pengguna CBT (Computer Based Test) pada SMA Maitreyawira Tanjungpinang dengan Metode Servqual dan CSI (Customer Satisfaction Index)

Hendi Setiawan, Weilliani Weilliani

Abstract


SMA Maitreyawira merupakan sekolah pertama yang menjalankan Computer Based Tes(CBT) atau ujian berbasis komputer yang dimulai sejak tahun 2016. Computer Based Test (CBT) merupakan kegiatan ujian yang melaksanakan dengan menggunakan media komputer. Ujian berbasis komputer merupakan sebuah inovasi baru pada bidang teknologi Pendidikan yang berguna untuk melakukan kegiatan ujian berbasis digital.  Namun pada proses penggunaan Computer Based Test (CBT) masih terdapat permasalahan yang berupa token menjadi kendala ketika terjadi keadaan server mati karena kehilangan koneksi, fitur jam yang digunakan untuk menghitung waktu ujian akan terjadi waktu yang tidak sesuai dengan waktu asli. Kemudian jika siswa tidak sengaja keluar dari halaman ujian akan terjadi jawaban siswa tidak tersimpan sehingga siswa harus ulang mengisi jawaban. Oleh karena itu penulis tertarik untuk membuat penelitian kepuasan pengguna dengan menggunakan metode Servqual dan metode CSI (Customer Satisfaction Index). Dari hasil penelitian tersebut, penulis dapat menarik kesimpulan berdasarkan nilai servqual yang penulis dapatkan menyatakan pengguna merasa puas terhadap Computer Based Test (CBT) karena mendapatkan nilai servqualrata-rata dengan nilai 0,06 yang dinyatakan baik dan nilai CSI (Customer Satisfaction Index) dengan nilai 73% dimana nilai tersebut tergolong dalam tingkat kepuasan 66-80% yang menyatakan pengguna “puas”.

Keywords


User Experience; Computer Bsed Test; Servqual; CSI

Full Text:

PDF

References


Nugrahaeni Puspita Dewi, C., & Raafi’udin, R. (2018). Perancangan Tampilan Aplikasi Ujian Berbasis Komputer Untuk Ujian Harian Sekolah Menengah Atas. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(3), 298–305. https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i3.375.298-305

Andi Pebrianzah (Komunikasi Pribadi, 25 Maret 2022 Pukul 10.00 WIB)

Septiani, Y., Arribe, E., & Diansyah, R. (2020). (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru). Jurnal Teknologi dan Open Source, 3(1), 131–143.

Nasril, & Adri Yanto Saputra. (2016). Rancang bangun sistem informasi ujian online. Jurnal Lentera Ict, 3(1), 47–53.

Angraini, & Hermaini, N. (2018). Analisis Kualitas Layanan Opac Terhadap Kepuasan. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 4(1), 67–72.

Luh, N., Kartika, A., Sarja, Y., Jalan, S. B., & Puputan, R. (2018). Pengukuran Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Dosen Menggunakan Metode Servqual. Jurnal Sistem Daninformatika, 12(2), 15–25.

Yuni Septiani, dkk, Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Servqual (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru) Vol.3, No.1, Juni 2020, [Pekanbaru- Jurnal Teknologi dan Open Source, 2020], hal. 133

Orya Gilang Hekhmatyar, Deddy Supiyadi, Measurement Satisfaction Information System Quality Service on BSI Using Webqual dan CSI Vol.2m No.2 November 2017, [ Jakarta- Indonesian Journal on Computer and Information Technology, November 2017], hal. 2.

Medyantiwi Rahmawita, Yuni Kartika, dan Megawati, “Analisis Kualitas Layanan Portal Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode E-Servqual Pada Fkip Universitas Riau,” Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 4.1 (2018), hal.146.

Adri Yanto Saputra, Nasril, Rancang Bangun Sistem Informasi Ujian Online, Vol.3, No.1, Mei 2017 [Jakarta- Jurnal Lentera ICT, 2017], hal. 48

Eko Nugroho, Prinsip-prinsip Menyusun Kuesioner, hal. 17

Yohanes Adio Balan, dkk, Pengembangan Model Computer-Based Test (CBT) Berbasis Adobe Flash Untuk Sekolah Menengah Kejuruan, Vol.6, No.1, Juni 2017, [Semarang- Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 2017], Hal.37-38.

Ansor Nasution Farid Fauzi, “Studi Empiris Kualitas Pelayanan Melalui Model Servqual (Service Quality) dan IPA (Important Performance Analysis) pada Mahasiswa Jurusan Tarbiyah Stain Gajah Putih Aceh”, Jurnal Manajemen Pendidikan, 3 September (2019), 183–208.hal.190.

Ahmad Sinnun, Analisis Kepuasan Pengguna LMS Berbasis Web dengan Metode Servqual,IPA, dan CSI, Vol. 4, No.1, [ Pontianak- Jurnal Informatika 1 April 2017], hal. 150

Sanusi Mulyo Widodo and Joko Sutopo, “Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Model Business to Customer” Vol.4, No.1 2018 [Yogyakarta-Jurnal Informatika Upgris, 2018], Hal.38-39.

Septiani, Y., Arribe, E., & Diansyah, R. (2020).Analisis Tingkat Kepuasan Penggunaan Platform Pembelajaran dimasa Pandemi Covid-19 dengan Menggunakan Metode Servqual dan IPA ( Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru ). Jurnal Teknologi dan Open Source, 3(1), 131–143.

Angraini, Novi Hermaini, “Analisis Kualitas Layanan OPAC terhadap Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode E-Servqual”, Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, Vol.4, No.1 Februari (2018), hal. 70.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hendi Setiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.