Implementasi Design Thinking pada Perancangan Sistem Administrasi Manajemen Proyek CV Three Quarter Berbasis Website

Rifqi Shiddiq, Mifta Naufal Harizy, S. Nurmuslimah

Abstract


Proyek merupakan usaha yang bersifat tidak permanen, memiliki batas waku, biaya, dan spesifikasi target khusus. Dalam mencapai target proyek yang ideal, dilakukan manajemen proyek yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, dan pengaturan sumber daya dengan mempertimbangkan faktor-faktor waktu dan biaya. Batasan dan target proyek sering kali menjadi tantangan bagi perusahaan, tak terkecuali CV Three Quarter. Perusahaan rumah produksi tersebut menyediakan jasa pembuatan produk kreatif, sehingga selalu bekerja dalam proyek kolaboratif dalam menjalankan bisnisnya. Hingga saat ini perusahaan masih mengandalkan software desktop seperti Microsoft Office untuk manajemen proyek. Hal tersebut menjadi kendala karena penggunaannya yang kurang efektif hingga tidak adanya proses interaksi antar karyawan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tercetuslah ide mengembangkan sistem informasi administrasi manajemen proyek CV Three Quarter yang dapat diakses oleh seluruh karyawan. Sistem informasi berbasis web ini dikembangkan menggunakan MySQL untuk database, Laravel untuk REST API (back-end), dan React Js untuk tampilan website (front-end).


Keywords


Manajemen Proyek; Pengembangan Web; Sistem Informasi

Full Text:

PDF

References


R. Somya, “Aplikasi Manajemen Proyek Berbasis Framework CodeIgniter dan Bootstrap di PT. Pura Barutama,” Jurnal Pengembangan IT (JPIT), vol. 3, no. 2, pp. 143–150, 2018.

C. D. Sitindaon, Manajemen Proyek. Bandung: WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG, 2021.

Project Management Institute, A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK guide), 6th ed. Pennsylvania: Project Management Institute, 2017.

R. Harminingtyas, “Analisis Layanan Website Sebagai Media Promosi, Media Transaksi dan Media Informasi dan Pengaruhnya Terhadap Brand Image Perusahaan Pada Hotel Ciputra di Kota Semarang,” Jurnal SITE Semarang, vol. 6, no. 3, p. 42.

“Website,” Merriam-Webster. Accessed: Jan. 20, 2023. [Online]. Available: https://www.merriam-webster.com/dictionary/website

M. Rosenblum, “HyperText Markup Language (HTML),” Stanford, Mar. 30, 2022. [Online]. Available: https://web.stanford.edu/class/cs142/lectures/HTML.pdf

L. I. Nasution, “Penerapan React JS Pada Pengembangan FrontEnd Aplikasi Startup Ubaform,” Section Start Up, vol. 2, no. 2, 2021.

B. Rawat, “MySQL Database Management System (DBMS) On FTP Site LAPAN Bandung,” International Journal of Cyber and IT Service Management (IJCITSM), vol. 1, no. 2, p. 174, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rifqi Shiddiq

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.