PENERAPAN METODE PPDIOO PADA JARINGAN INTERNET BERBASIS WLAN SMA NEGERI 11 SURABAYA

Haikal Pasha, Maulana Ahmad Habibullah, Muhammad Nashirudin Husein, Danang Haryo Sulaksono

Abstract


SMA Negeri 11 Surabaya merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang telah mengimplementasikan system jaringan berbasis Online, dengan begitu jaringan internet sangat dibutuhkan. Salah satu konsep pengembangan pengelolaan komputer adalah instalasi jaringan LAN dan WLAN yang memungkinkan dua mesin atau lebih saling berkomunikasi menggunakan protokal jaringan tanpa media transmisi. Metode yang digunakan dalam menyelesaikan masalah ini adalah metode “The PPDIOO network lifecycle” yaitu sebuah formula siklus perancangan dan pengembangan jaringan yang dikembangkan oleh Unifi, dengan tahapan Prepare (Persiapan), Plan (Perencanaan), Design (Desain), Implement (Implementasi), Operate (Operasional), and Optimize (Optimalisasi). Penelitian ini dibuat sebagai acuan dalam mengatasi beberapa kendala yang terjadi dalam intalasi maupun perawatan jaringan internet. Dengan adanya jaringan internet yang optimal dan perawatan yang tepat akan meningkatkan kualitas dari instansi itu sendiri.

Keywords


WLAN, PPDIOO, Unifi

Full Text:

PDF

References


Fernanda, R. A., Firdaus, M. F., & Agussalim. (2021). Analisis Dan Perancangan Jaringan Local Area Network Pada Smpn 5 Jombang. Prosiding Seminar SITASI (Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi), November, 310–320.

Heri, K. (2016). Analisa Sistem Jaringan Network (LAN) PT. CEO SUITE. 1–49.

Jufri, M., & Heryanto, H. (2021). Analisa dan Implementasi Wireless Outdoor Connection Menggunakan Unifi AC Mesh Pada PT. Bandar Abadi. Conference on Business, Social Sciences …, 1(1), 537–546. https://journal.uib.ac.id/index.php/conescintech/article/view/5910.

Solikin, I. (2017). Penerapan Metode PPDIOO Dalam Pengembangan LAN Dan WLAN. Teknomatika, 07(01), 65–73. http://ojs.palcomtech.ac.id.

Waidah, D. F., Putra, D. D., & Syarifuddin. (2021). PERENCANAAN SISTEM JARINGAN DAN KOMUNIKASI DATA. 2(2), 6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Penulis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.