Perancangan Aplikasi Cuti Pegawai Berbasis Web Pada PT Surveyor Indonesia Kantor Cabang Surabaya

Ali Rahmad, Mizbachul Nuzul, Andy Rachman

Abstract


Vakansi atau yang biasa dikenal dengan cuti merupakan salah satu dari beberapa faktor pendukung untuk menunjang kinerja karyawan khususnya di perusahaan PT. Surveyor Indonesia. Vakansi diberikan kepada karyawan guna untuk memastikan kesehatan fisik dan mental. Namun, masalah yang sering dihadapi adalah sulitnya pengolahan data vakansi, karena pengolahan data vakansi masih diproses secara manual. Kesalahan manusia (human error) dapat terjadi  karena pencatatan yang  masih minim. Pengembangan akan dilakukan menggunakan metode SDLC. Aplikasi yang akan digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah PHP, MySql dengan framework Laravel. Harapan dari sistem informasi yang akan dibuat adalah bisa membantu pencatatan cuti pegawai secara akurat dan membuat perusahaan bisa lebih baik lagi dalam mengatur dan mensejahterakan tenaga kerjanya.


Keywords


Cuti, Web, PHP, Rekayasa Perangkat Lunak, MySQL

Full Text:

PDF

References


Rachman, A., Sulistyowati, Angga, M., & Wardhana, V. (2021). “INTERNET SIGNAL CONSTRAINTS FOR COLLEGE STUDENTS IN ONLINE LEARNING DURING THE COVID-19 PERIOD A”. India Evaluating online Learning Challenges and Strategies. India : Novateur Publication.

I. G. Ayu and D. Saryanti, “Perancangan Sistem Informasi Cuti Karyawan Berbasis Website Menggunakan Framework Laravel,” Pros. SINTAK, vol. 2, pp. 374–381, 2018.

Setiyanto, Arif, Febriliyan dan Alwi. 2013. Pembuatan Sistem Informasi Cuti Pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Dengan Menggunakan PHP dan MySQL. Surabaya: Jurnal Teknik Pomits. Volume 2 No 2.

Rohendi, Keukeu. 2015. Sistem Informasi Pengajuan Cuti Pegawai Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Propinsi Sumatera Barat. Padang: Jurnal Teknologi Informasi. Volume 3, No.2.

Hawari, Fauzi. 2019. “Sistem Informasi Pengajuan Cuti Karyawan Berbasis Web Menggunakan Framework CodeIgniter (Studi Kasus: Oakwood Premiere Cozmo)”. Jakarta: JUSIBI (Jurnal Sistem Informasi dan E-Bisnis). Volume 1, Issue 5.

Dharmawan, Weiskhy Steven, dkk. 2018. “Penerapan Metode SDLC Dalam Perancangan Sistem Informasi Administrasi Keuangan Berbasis Desktop”. Pontianak: Jurnal Khatulistiwa Informatika. Volume VI, No. 2

Haryani, Novi. 2017. “Sistem Informasi Pengambilan Cuti Pegawai Berbasis Desktop Pada PT. BS Logistic Batam”. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer GICI. Batam.

A. Nurhadi and R. Sastra, “Pengembangan Aplikasi Web Pengajuan Cuti Pegawai Secara Online Studi Kasus: PT. Yapindo Transportama (PCP Express),” Pengemb. Apl. Web Pengajuan Cuti Pegawai Secara Online, vol. 5, no. 2, pp. 22–29, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/Bianglala/article/download/2621/1770.

Wibawanto, A. 2018. “Penggunaan Internet dalam Perpustakaan. Pustakaloka,” 10(2), 191-203.

Undang-undang no.13. 2013. Ketenagakerjaan.

Kidi. “Teknologi dan Aktivitas Dalam Kehidupan Manusia”. Widyaiswara Ahli Madya. BPSDPM Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Suyanto, M. 2005. “Pengantar Teknologi Informasi Untuk Bisnis”. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Naibaho, Rahmat Sulaiman. 2017. “PERANAN DAN PERENCANAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERUSAHAAN”. Jurnal Warta Edisi 52, ISSN: 1829 - 7463.

Abdullah, Dahlan. “MERANCANG APLIKASI PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN SDLC”. Penerbit : CV. SEFA BUMI PERSADA, 2017.

Orlando, Eriek. 2017. “Aplikasi Pengajuan Cuti Pada Human Resource Management menggunakan PHP dan MYSQL (Studi Kasus Pada PT. INTILOKA)”. Jakarta Selatan: Jurnal Ilmiah Komputasi. Volume 16, No. 3.

Mulia Harahap, Gorga. 2019. “HAK CUTI PEGAWAI DEMI KESEJAHTERAAN PEGAWAI”. Universitas Sriwijaya Palembang: Fakultas Hukum.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Penulis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.