Sistem Informasi Manajemen Penjualan UMKM Echo Telur Mahu Berbasis Web di Surabaya

Nadia Talidah Syafina, Haris Dwi Nur Almaas, Mochamad Tegar Bagas Alamsyah, Rani Rotul Muhima

Abstract


Pada saat ini, semua kegiatan ditunjang teknologi. Kemajuan teknologi menghasilkan sebuah inovasi yaitu E-Commerce. E-Commerce adalah suatu bisnis penjualan yang memungkinkan suatu perusahaan atau individu dapat membeli, maupun menjual semua jenis barang, termasuk jasa sekalipun yang dilakukan secara online. Dari beberapa masalah diatas, kami membuat sebuah Marketplace berbasis web yang kami beri nama Aplikasi Penjualan Talur Asin dan Madu “ECHO”. Metodologi yang digunakan adalah metode waterfall. Ada beberapa tahapan yang dilakukan dalam metode ini yaitu, Analisis Kebutuhan(dilakukan dengan cara pengamatan dan wawancara), Tahap Desain(mendesain alur sebuah sistem informasi), Tahap Implementasi (pengerjaan program aplikasi sesuai dengan desain), Tahap Testing(pengujian aplikasi), Tahap Maintenance (pemeliharaan)Dari hasil yang didapat adalah aplikasi yang dikembangkan dapat berjalan dengan baik serta tidak lepas dari konsep aplikasi website. Aplikasi dapat diakses oleh admin dan juga pelanggan. Admin merupakan bagian dalam pengolahan data atau produk yang akan dijual sedangkan pelanggan merupakan pelaku dalam melakukan pembelian sebuah produk dalam aplikasi. Aplikasi yang dikembangkan mampu beroperasi dengan baik yang ditunjukan pada proses penambahan data pada produk serta proses uji coba dalam melakukan pembelian sebagai pelanggan dalam aplikasi Penjualan Talur Asin dan Madu “ECHO”. Dengan dikembangkannya aplikasi Penjualan Telur Asin dan Madu “ECHO”, pihak UMKM terbantu dalam proses bisnis jual beli tanpa ada batas ruang, waktu, dan jarak dalam prosesnya.

Keywords


Aplikasi, E-Commerce, Sistem Informasi

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

H. D. Putranta, “Pengantar sistem dan teknologi informasi,” 2004.

D. Prastya, “Penerapan Electronic Commerce (E-Commerce) Pada Karya Pahala 2 Magetan Sebagai Media Pemasaran Produk Kerajinan Kulit,” Repository Muhammadiyah University of Ponorogo, p. 4, 2018.

R. Yustiani and R. Yunanto, “Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi,” Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, vol. 6, no. 2, pp. 43–48, 2017, doi: 10.34010/komputa.v6i2.2476.

N. Wahyuni, A. Irman, S. Mutaqin, and A. Gunawan, “Pengenalan Dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce,” Jurnal Pengabdian Dinamika, vol. 6, no. 1, 2019.

L. Lutfiyah and A. Saryoko, “E-Marketplace Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Catering Untuk Wilayah Jakarta,” Paradigma - Jurnal Komputer dan Informatika, vol. 23, no. 1, pp. 9–16, 2021, doi: 10.31294/p.v23i1.9121.

A. Sasongko, “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” Khatulistiwa Informatika, vol. 3, no. 2, pp. 124–133, 2015.

R. Yustiani and R. Yunanto, “PERAN MARKETPLACE SEBAGAI ALTERNATIF BISNIS DI ERA TEKNOLOGI INFORMASI,” KOMPUTA, vol. 6, no. 2, pp. 43–48, Oct. 2017, doi: 10.34010/komputa.v6i2.2476.

E. Putri Primawanti and H. Ali, “PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI, SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB DAN KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN (LITERATURE REVIEW EXECUTIVE SUPPORT SISTEM (ESS) FOR BUSINESS),” JEMSI, vol. 3, no. 3, pp. 267–285, Jan. 2022, doi: 10.31933/jemsi.v3i3.818.

D. Strzębicki, “The Development of Electronic Commerce in Agribusiness – The Polish Example,” Procedia Economics and Finance, vol. 23, pp. 1314–1320, 2015, doi: 10.1016/S2212-5671(15)00573-0.

O. Y. Yuliana, “PENGGUNAAN TEKNOLOGI INTERNET DALAM BISNIS,” Jurnal Akuntansi, vol. 2, no. 1, p. 17, 1999.

Rini Yustiani,Rio Yunanto, PERAN MARKETPLACE SEBAGAI ALTERNATIF BISNIS DI ERA TEKNOLOGI INFORMASI.

D. Gookin, Word 2016 for professionals for dummies. Hoboken, NJ: John Wiley & Sons, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Penulis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.