Implementasi Model Waterfall Pada Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Perpustakaan SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya

Chrisna Adrian Dwiputra Haryono, Alvin Andira Putra, Anggun Ardana Sitoresmi, Andy Rachman

Abstract


Perpustakaan sekolah sebagai salah satu sarana penunjang proses belajar siswa, menyediakan beragam informasi yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Pemanfaatan sistem informasi dapat meningkatkan layanan baik kecepatan maupun kualitas informasi yang diberikan. Penelitian ini akan mengembangkan sistem informasi perpustakaan berbasis website pada SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya dengan metode waterfall. Pengembangan ini dilakukan karena sistem yang ada pada perpustakaan tersebut masih dilakukan secara manual. Permasalahan yang muncul adalah lamanya proses pengolahan data perpustakaan serta informasi yang diberikan terkadang kurang akurat.  Maka dari itu sistem pengembangan ini dapat menangani proses pendataan, pencarian buku, transaksi berupa peminjaman serta pengembalian buku, dan juga denda. Dengan adanya sistem informasi ini, permasalahan yang ada dapat ditangani dengan baik. Dari hasil uji, didapatkan informasi bahwa aplikasi sangat layak digunakan dengan nilai uji rata-rata sebesar 81%.

 


Keywords


Informasi; Perpustakaan; Sistem; Waterfall; Rekayasa Perangkat Lunak

Full Text:

PDF

References


M. Tekege, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran SMA YPPGI Nabire,” JURNAL FATEKSA: Jurnal Teknologi dan Rekayasa, vol. II, no. 1, pp. 41-52, 2017.

A. O. Sari dan E. Nuari, “Rancang Bangun Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web Dengan Metode Fast (Framework For The Applications),” Jurnal PILAR Nusa Mandiri, vol. XIII, no. 2, pp. 261-266, 2017.

S. Muddin, A. Haslindah, R. Manatha dan S. , “Sistem Informasi Perpustakaan Pada Universitas Islam Makassar Berbasis Web,” ILTEK : Jurnal Teknologi, vol. XV, no. 1, pp. 13-16, 2020.

W. T. Ningsih, Y. Yunus dan P. Radyuli, “Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web dengan PHP dan MySQL,” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, vol. 7, no. 1, pp. 60-69, 2020.

N. A. Rahmawati dan A. C. Bachtiar, “Analisis dan Perancangan Desain Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Berdasarkan Kebutuhan Sistem,” Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, vol. 14, no. 1, pp. 76-86, 2018.

S. A. W.S. Wahyuni dan .. R. B, “Penggunaan Algoritma Sequential Searching Pada Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web,” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika, vol. VII, no. 2, pp. 294-302, 2022.

Y. Elmasari, “Pengaruh Bimbingan Guru Teknik Informatika Terhadap Kesiapan Siswa Dalam Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer,” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), vol. II, no. 2, pp. 128-232, 2017.

A. Rachman, B. E. Prasetyo, R. Arief dan M. A. Ferdiansyah, “Pengembangan Aplikasi Game Pembelajaran Matematika "Momon Math Run" Berbasis Desktop Menggunakan Metode Waterfall,” pp. 433-438, 2019.

R. Rizki, “Rancangan Sistem Informasi Peminjaman dan Pengembalian Buku Pada Perpustakaan XYZ Dengan Metodologi Berorientasi Obyek,” Jurnal SISFOKOM, vol. III, no. 2, pp. 5-10, 2017.

A. Akbar, W. O. D. Aplisalita dan L. O. Rusadi, “Fungsi Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 1, pp. 203-212, 2021.

A. V. D. Sano,S.T., M.Kom, “Beberapa Definisi Tentang Data, Informasi, Dan Sistem Informasi Menurut Beberapa Ahli,” 14 December 2020. [Online]. Available: https://binus.ac.id/malang/2020/12/beberapa-definisi-tentang-data-informasi-dan-sistem-informasi-menurut-beberapa-ahli/. [Diakses 22 June 2022].

“18 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli (Lengkap),” 2021. [Online]. Available: https://www.seputarpengetahuan.co.id/2021/09/9-pengertian-sistem-informasi-menurut-para-ahli.html.

Pijar, “Pengertian Perpustakaan Menurut Para Ahli,” 6 September 2021. [Online]. Available: https://pijarsekolah.id/pengertian-perpustakaan-menurut-para-ahli/. [Diakses 22 June 2022].

B. Syahid, “Pengertian Website – Sejarah, Jenis, Manfaat, Unsur, Tahapan, Fungsi, Para Ahli,” 13 April 2022. [Online]. Available: https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-website/. [Diakses 27 June 2022].

N. Fatimah dan Y. Elmasari, “Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Untuk SMA Islam Gunung Jati,” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), vol. 3, no. 2, pp. 130-137, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Penulis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.