Sistem Informasi UMKM Berbasis WEB
Abstract
Organisasi bisnis tidak hanya perusahaan-perusahaan besar, tapi juga meliputi usaha-usaha mikro seperti Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Usaha Mikro, Kecil dan Menengah mempunyai peran sangat penting dan strategis, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai roda perekonomian negara memiliki peran strategis dalam membangun perekonomian nasional. Meskipun UMKM menjadi bagian penting dari perekonomian indonesia, namun tidak sedikit UMKM yang masih melakukan promosi produknya menggunakan cara tradisional, dan masih kurangnya promosi secara digital. Oleh karena itu, Pelaku UMKM dituntut untuk dapat mengkomunikasikan produk secara intensif dengan melakukan pemasaran produk menggunakan digital marketing dan memanfaatkan media sosial untuk dapat menjangkau konsumennya secara langsung dan dapat menekan biaya promosi. Hal itu juga yang dirasakan oleh organisasi UMKM di Kecamatan Candi Kabupaten sidoarjo yang bernama SINTESA. Berdasarkan permasalahan di atas peneliti membuat sebuah website dengan menggunakan metode waterfall yang bernama Sistem Informasi UMKM Berbasis Web. Website ini bertujuan untuk mempromosikan produk-produk organisasi SINTESA ke masyarakat luas, sehingga meningkatkan penjualan produk-produk dari organisasi SINTESA. Metode yang digunakan dalam perancangan web informasi ini menggunakan metode waterfall.
Keywords
Sistem Informasi, UMKM, Website
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Penulis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.