Sistem Informasi UMKM Berbasis WEB

Leonardo Fahdi Oktavian, Dandi Dwicahyo, Richard Chandrianto, Danang Haryo Sulaksono

Abstract


Organisasi  bisnis  tidak  hanya  perusahaan-perusahaan  besar,  tapi juga  meliputi  usaha-usaha  mikro  seperti  Usaha  Mikro Kecil Menengah (UMKM). Usaha Mikro, Kecil dan Menengah mempunyai peran sangat penting dan strategis, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai roda perekonomian negara memiliki peran strategis dalam membangun perekonomian nasional. Meskipun UMKM menjadi bagian penting dari perekonomian indonesia, namun tidak sedikit UMKM yang masih melakukan promosi produknya menggunakan cara tradisional, dan masih kurangnya promosi secara digital. Oleh karena itu, Pelaku UMKM dituntut untuk dapat mengkomunikasikan produk secara intensif dengan melakukan pemasaran produk menggunakan digital marketing dan memanfaatkan media sosial untuk dapat menjangkau konsumennya secara langsung dan dapat menekan biaya promosi. Hal itu juga yang dirasakan oleh organisasi UMKM di Kecamatan Candi Kabupaten sidoarjo yang bernama SINTESA. Berdasarkan permasalahan di atas peneliti membuat sebuah website dengan menggunakan metode waterfall yang bernama Sistem Informasi UMKM Berbasis Web. Website ini bertujuan untuk mempromosikan produk-produk organisasi SINTESA ke masyarakat luas, sehingga meningkatkan penjualan produk-produk dari organisasi SINTESA. Metode yang digunakan dalam perancangan web informasi ini menggunakan metode waterfall.

Keywords


Sistem Informasi, UMKM, Website

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Penulis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.